nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

APBN Terbatas, Kemenhub Kembangkan Proyek Balai Pengujian Kendaraan Pakai KPBU

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 21:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 23 320 2095920 apbn-terbatas-kemenhub-kembangkan-proyek-balai-pengujian-kendaraan-pakai-kpbu-4kB9yjTrJ3.jpeg Kemenhub Kembangkan Proyek Pakai KPBU. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melakukan kerja sama dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) untuk pelaksanaan fasilitas penyiapan proyek dan pendampingan transaksi pada proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) pengembangan proving ground balai pengujian laik jalan dan sertifikasi kendaraan bermotor (BPLJSKB) Bekasi.

 Baca Juga: Proyek Kemenhub yang Akan Ditawarkan ke Swasta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, implementasi skema KPBU pada proyek-proyek Kemenhub tidak terlepas dari dorongan pemerintah untuk merealisasikan nawacita. Yakni mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik.

"Hal ini yang menjadi poin bagi Kemenhub untuk memformulasikan kebijakan ketika dihadapkan dengan keterbatasan anggaran APBN dalam menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan untuk pemenuhan standar pelayanan uji kendaraan," kata dia di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

 Baca Juga: Kadin Minta Unit Khusus Proyek KPBU di Kemenhub

Menurut dia, skema KPBU merupakan langkah yang sangat strategis khususnya dalam mengeksekusi program-program percepatan pengembangan dan pembangunan fasilitas infrastruktur.

"Skema KPBU terbukti efektif setelah sebelumnya melihat dari kesuksesan proyek perkeretaapian Makassar-Parepare yang telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pada 5 April 2019 lalu. Ke depannya, kita akan terus jajaki potensi-potensi lain dalam implementasi KPBU ini di proyek-proyek Perhubungan lainnya" tutur dia.

Adapun penandatanganan perjanjian hari ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Induk Proyek Proving Ground BPLJSKB Bekasi antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Perhubungan pada tanggal 16 Juli 2019 tentang penyediaan fasilitas penyiapan proyek dan pendampingan transaksi pada proyek KPBU BPLJKSB Bekasi serta terbitnya keputusan Menteri Keuangan untuk penugasan khusus kepada PT PII pada 19 Juli 2019 untuk melaksanakan fasilitas dalam rangka penyiapan proyek dan pendampingan transaksi pada proyek tersebut.

 Menhub

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini