nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhir 2020, YIA Akan Terintegrasi dengan Kereta Bandara

Kuntadi, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 19:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 25 320 2096446 akhir-2020-yia-akan-terintegrasi-dengan-kereta-bandara-UD1EuiqGJc.jpg Menhub Budi Karya Sumadi saat cek lahan kereta Bandara YIA (Foto: Okezone.com/Kuntadi)

KULONPROGO – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulonprogo, DIY akan dilengkapi dengan akses kereta. Saat ini, proses pengadaan lahan akan segera dilakukan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, ditargetkan pada akhir 2020, bandara YIA sudah terintegrasi dengan jalur kereta api. Sehingga akses masyarakat akan lebih mudah. Sebab saat ini kereta api baru sampai di Stasiun Wojo dan harus pindah menggunakan shuttle bus.

 Baca juga: Kunjungi YIA, Menhub Sebut Pembangunan Bandara Sudah 70%

“Kita akan optimalkan nanti melalui Stasiun Kedundang. Nanti akan cek ke sana," ujar Menhub usai melakukan pengecekan di YIA, Minggu (25/8/2019).

 Bandara YIA

Akses kereta api, lanjutnya, dipilih untuk mengoptimalkan perjalanan penumpang. Dari Yogyakarta sampai ke YIA, dibutuhkan waktu 35 menit.

 Baca juga: Aksesibilitas ke Bandara YIA Diminta Diperhatikan

Sedangkan jika menggunakan bus atau kendaraan pribadi akan membutuhkan waktu lebih lama dari satu jam. “Begitu nanti terhubung dengan bandara, harus ada penambahan kereta menuju bandara. Minimal setiap setengah jam harus ada kereta api bandara,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini