nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apakah Kamu Punya 1 dari 8 Tanda Karyawan yang Dikejar-kejar Waktu?

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 14:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 27 320 2097315 apakah-kamu-punya-1-dari-8-tanda-karyawan-yang-dikejar-kejar-waktu-12C9rxOdst.jpg Kerja (Reuters)

JAKARTA - Jika kamu saat ini seorang karyawan atau seorang pengusaha, pasti jadwal di kalendermu terlihat padat. Tapi itu semua akan terjadi karena kamu tidak mengatur jadwalmu dengan baik.

Kebanyakan seorang karyawan sulit mengatur jadwalnya karena sibuk mengurus pekerjaan atau bisnis usaha. Lebih kacaunya, kamu tak tahu bahwa itu salah.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui kriteria karyawan yang terjepit oleh waktu, seperti dikutip Entrepreneur, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

 Baca juga: Cara Jitu Agar Meeting Lebih Efisien dan Tak Bertele-tele

1. Kamu sering mengatakan "Tidak Ada Waktu"

Apakah sebagai seorang karyawan atau pengusaha hebat kamu sadar bahwa kamu sering mengeluhkan bahwa kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan sesuatu? Dari situ sudah terlihat bahwa kamu memiliki jadwal yang cukup padat sehingga kamu selalu mengeluhkan aktivitasmu yang padat.

 Kerja

Cara mengatasi ini semua harus diawali dengan mengecek ulang waktu yang akan kamu habiskan untuk menyelesaikan satu tugas, dan sisakan waktu yang kamu miliki untuk beristirahat dan menikmati hidup. Cara ini bisa efektif agar kegiatanmu yang produktif itu dapat terorganisir dengan baik, dan keluhanmu tentang "tidak ada waktu" akan berkurang.

 Baca juga: Hindari 8 Perkataan Ini di Kantor, Nomor 6 Bisa Bikin Tersinggung

2. Selalu Terlambat

 

Keterlambatan adalah salah satu kebiasaan buruk yang harusnya dihindari. Terlambat akan membuat kamu terlihat tidak profesional, maka dari itu para profesional selalu menyarankan untuk sering-sering lah mengaudit waktumu, batasi waktu antara tugas satu dengan tugas lainnya, dan rapat satu dengan rapat yang lainnya, agar kamu tidak akan terlambat untuk mengerjakan tugasmu ataupun datang ke sebuah agenda rapat, karena waktumu sudah dikelola dengan baik.

3. Kamu Lupa, Kapan Terakhir Mengecek Jadwalmu

Hal ini juga sangat penting dilakukan, minimal kamu mengecek jadwal kegiatanmu dua kali dalam sehari untuk memastikan semua kegiatanmu masih tertata dengan baik. Cara ini juga dilakukan agar kamu mengetahui jika ada jadwal yang bentrok dengan jadwal yang lain, dan kamu bisa mengatur ulang jadwalmu sebelum kegiatanmu yang bentrok itu dimulai.

4. Kamu Selalu Menerima Semua Undangan

Kebanyakan pengusaha yang jarang melihat jadwal kegiatan nya selalu menerima tawaran untuk meeting ataupun bertemu klien nya dan hal itu membuat jadwalmu akan berantakan. Kamu harus lebih selektif dalam memilih waktu yang akan kamu luangkan untuk meeting atau bertemu klienmu, kamu juga harus berani menolak dengan sopan untuk menerima undangan pekerjaan agar jadwalmu dapat tersusun sesuai rencana.

 Baca juga: Kena PHK Bikin Trauma, Ini Solusi Agar Tetap PD saat Wawancara Kerja

Kerja

5. Kamu Terlalu Banyak Alasan

Sebagai seorang karyawan profesional, kamu harus mengurangi alasan-alasan untuk menolak undangan secara dadakan, klienmu tidak mau mendengarkannya dan akan berfikir bahwa kamu bukanlah orang yang profesional dalam bisnis. Maka dari itu, atur jadwalmu dengan baik dan manfaatkan sebagian besar waktu yang kamu miliki.

 Baca juga: Punya Rekan Kerja yang Sering Ngeluh? Ikuti 5 Langkah Mengatasinya

6. Sering Menunda dan Perfeksionis

Dua istilah ini familiar dengan kamu yang sering merusak jadwalmu sendiri, ketika kamu menunda pekerjaanmu tapi kamu adalah seorang yang perfeksionis dan selalu ingin melihat pekerjaanmu terlihat sempurna. Hal ini hanya akan membuat kamu stres dan membuang waktu berhargamu untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya sudah selesai.

7. Hubunganmu dengan si Dia Dalam Bahaya

Setelah jadwalmu berantakan, kini giliran hubungan pribadimu yang dalam bahaya. Hal ini dikarenakan jadwalmu yang berantakan itu akan menghambat pertemuanmu dengan orang terkasih, dan ketika itu dilakukan terus menerus bersiaplah kamu akan kehilangan orang yang kamu sayangi karena dia lebih memilih orang yang lebih bisa mengatur jadwal pekerjaan dan jadwal pertemuan dengan nya.

 Baca juga: 20 Pekerjaan Kontroversial, Diminati 90's Tapi Justru Dijauhi Milenial


8. Email Adalah Alat Penjadwalan Paling Baik

Sebaik-baiknya jadwalmu, lebih baik kamu mencatat jadwalmu dengan Email, karena email akan melakukan penjadwalan secara otomatis yang hanya menampilkan jadwal kosongmu jika yang lain sudah terisi dengan kegiatan yang lain dan ini akan membantumu dalam mengatur jadwalmu yang sangat padat itu.

 Kerja keras

9. Jadwalkan Waktu Istirahatmu

 

Kesehatanmu akan terganggu jika jadwalmu tidak terorganisir dengan baik. Kamu akan melupakan waktu istirahatmu, maka dari itu dari sekian banyak waktu yang kamu isi untuk kegiatan pekerjaanmu, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk istirahat. Karena apalah artinya jika kamu di padati dengan sekian banyak kegiatan tapi kesehatanmu tidak baik, itu hanya membuat mu rugi karena kamu jadi harus banyak istirahat dan meninggalkan pekerjaanmu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini