nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Mukbang, Modal Kenyang Bisa Bawa Uang hingga Rp14,3 Miliar

Rabu 28 Agustus 2019 20:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 28 320 2097829 tren-mukbang-modal-kenyang-bisa-bawa-uang-hingga-rp14-3-miliar-qHF80G82ix.jpg Wanita sedang makan (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Jika Anda hobi makan sekaligus senang jadi pusat perhatian, menjadi bintang mukbang di YouTube atau media sosial lainnya, mungkin bisa jadi solusi.

Mukbang adalah tren yang berasal dari Korea. Menggabungkan kata 'meokneun' yang berarti makan dan 'bangsong' yang berarti siaran, mukbang secara harfiah bisa diartikan sebagai 'siaran makan'.

 Baca juga: 10 Cara Mudah Membangun dan Mempertahankan Brand di Media Sosial

Mengutip VoA Indonesia, Jakarta, Rabu (28/8/2019), cara kerjanya pun mudah. Para penyiar alias YouTube host hanya perlu makan di depan kamera secara langsung dan berinteraksi dengan penonton yang mengirimkan pesan ke akun mereka.

 Mukbang

Uniknya, jumlah makanan yang disantap para host tidaklah dalam jumlah standar, melainkan berlimpah bahkan hingga tumpah-ruah.

 Baca juga: Kunci Sukses Usaha Musiman, Nomor 4 Disukai Pelanggan

Semakin banyak penonton yang menyaksikan acara tersebut, semakin banyak juga iklan yang disalurkan YouTube pada channel sang host. Artinya, semakin banyak juga uang mengalir ke rekening sang host.

Salah satu pelaku mukbang ini adalah Bethany Gaskin atau yang lebih dikenal dengan nama Blove. Setahun, pendapatannya dari video mukbang yang dia unggah di YouTube, bisa mencapai USD1 juta (Rp14,3 miliar).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini