nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Cara Mudah Membangun dan Mempertahankan Brand di Media Sosial

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 18:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 28 320 2097760 10-cara-mudah-membangun-dan-mempertahankan-brand-di-media-sosial-FDM7oEfxdJ.jpg Media sosial (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA – Mengolah konten media social tidaklah terlihat mudah. Apalagi bagi kamu yang sering menggunakan media sosial untuk berbisnis.

Akan tetapi, mengolah konten untuk brand kamu juga perlu dijaga. Bila ada kesalahan, akan membuat bisnis kamu tidak akan berkembang.

Baca juga: 10 Remaja Ini Sudah Jadi CEO, Cek Ide Segarnya

Maka dari itu, perlu juga mengolah konten media sosial untuk mempertahankan merek yang kamu miliki. Melansir Forbes, Jakarta, Rabu (28/8/2019), berikut ini cara mengolah konten medsos untuk mempertahankan brand kamu.

Media sosial

1. Merencanakan ke Depan

Buatlah satu atau beberapa kalender yang berisikan konten dan meliputi peristiwa maupun pertemuan penting yang akan terjadi. Sebaiknya, kalender ini dibuat dari 30 hari sebelumnya atau bahkan lebih agar seluruh rencana konten kamu dapat teroganisir dengan baik.

Baca juga: Kunci Sukses Usaha Musiman, Nomor 4 Disukai Pelanggan

2. Tetap Tepat Waktu

Periksa rencana yang telah kamu buat sebelumnya, maksimalkan dalam sehari sebelum rencana terdekat. Apabila terdapat peluang untuk terlibatnya merek produk kamu secara langsung, aturlah jadwal dan buat persetujuan dengan pemangku jabatan yang berwenang sebelum waktu yang ditentukan. Lebih cepat lebih baik!

3. Maksimalkan Fungsi Karyawan

Selain dapat memberi pengaruh terhadap merek, karyawan juga dapat membantu membangun kekuatan dan keaslian suatu merek, lho. Jadi jangan disepelekan, ya!

4. Tunjukkan, Jangan Katakan

Kalimat ini mungkin tak asing lagi pada platform media sosial. Kedua platform media sosial Facebook an Instagram menolak iklan berbayar dengan teks pada lebih dari 20% gambar. Hal itu dikarenakan terlalu banyak teks pada konten dianggap terlalu kaku.

Tenaga kerja

5. Saling Terlibat dengan Merek Lain

Kamu bisa memberikan umpan terbaik dengan menggunakan campuran dari konten asli dan konten yang telah ditata ulang ataupun penggunaan peluang dari luar, seperti publikasi universitas yang menyorot alumninya.

6. Penyesuaian dan Pengoptimalan pada 'Platform'

Jika kamu membuat konten yang berbau visual, jangan lupa menyesuaikan konten dengan masing-masing dimensi dan persyaratan yang sesuai dengan tiap-tiap media sosial. Hal ini bisa mempercepat proses penyebaran informasi, lho.

7. Lakukan Analisis Kompetitif

Duh, terdengar sulit? Tenang. Analisis kompetitif dapat dilakukan dengan memerhatikan inti konten yang dibuat oleh kompetitor lain di media sosial. Cara ini bisa dilakukan salah satunya dengan berlangganan buletin dan mengikuti akun media sosial para kompetitor.

8. Mengolah dengan Suara

Buatlah konten tulisan yang sama dengan cara kamu berbicara dengan teman, kolega, ataupun keluarga. Membuat konten dengan nada percakapan akan membantu membuat konten kamu bisa lebih mudah dipahami dan dikenal.

Sosial media

9. Buat Proses Persetujuan yang Wajar

Jangan lupa tinjau ulang setiap konten sebelum dipublikasikan. Sejajarkan proses antara konten yang direncanakan dengan konten yang tepat waktu melalui kerangka waktu yang tepat.

10. Tetap Gesit

Media sosial selalu berkembang setiap saat. Begitu juga dengan platform dan konten. Apa yang berhasil di hari ini, belum tentu akan sama di hari selanjutnya, atau di bulan selanjutnya. Tetaplah gesit dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Mudah bukan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini