nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IKM Berkolaborasi dengan Startup, Apa Hasilnya?

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 13:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 30 320 2098565 ikm-berkolaborasi-dengan-startup-apa-hasilnya-xXBPeV4m4M.jpeg Kolaborasi IKM dengan Startup. (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan empat perusahaan rintis (startup) industri. Ini merupakan sebuah program yang mendorong para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) berkolaborasi dengan startup yang bergerak di sektor teknologi digital.

Baca Juga: Hakteknas 2019, Menristekdikti Ingin Startup Anak Muda Saingi Gojek dan Tokopedia

"IKM harus membuka diri, berkolaborasi dengan startup sebagai penyedia jasa teknologi untuk memulai perubahan. Bagaimanapun, industri pasti akan membutuhkan komponen teknologi digital untuk terus berkembang," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Gedung Kemenperin Jakarta, Jumat (30/8/2019).

startup

Berdasarkan data BPS, saat ini tercatat ada lebih dari 4,4 juta unit usaha IKM yang sebagian besar belum mampu beradaptasi dengan industri 4.0.

Adapun, Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi melaporkan setidaknya terdapat 992 startup yang telah terdaftar.

Baca Juga: Bisnis Minuman Anak Jokowi Dapat Suntikan Rp71 Miliar, Digunakan untuk Apa?

"Kami akan membantu menjembatani para pelaku IKM ke startup-startup yang ada. Kami akan memastikan teknologi digital dapat memberi manfaat baik di sektor produksi, manajerial hingga pemasaran IKM," ungkap dia.

Seperti diketahui, di tengah transformasi industri menuju 4.0, para pelaku IKM harus mampu beradaptasi dengan penggunaan teknologi untuk dapat bertahan dan bahkan berkembang lebih pesat lagi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini