nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kompensasi Tak Hanya Diberikan Pelanggan Terkena Dampak Mati Listrik, tapi...

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 16:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 30 320 2098662 kompensasi-tak-hanya-diberikan-pelanggan-terkena-dampak-mati-listrik-tapi-djEhyyant2.jpg Listrik PLN. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berencana memberikan kompensasi pada pelanggan yang terkena dampak padamnya listrik massal yang terjadi Minggu 4 Agustus. Kompensasi akan diberikan pada awal September 2019.

Baca Juga: Skema Pemberian Kompensasi Mati Listrik PLN

Menurut Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, sebenarnya tidak hanya masalah pemadaman listrik yang bisa mendapat kompensasi. Namun ada enam hal lain seperti lamanya gangguan, lamanya respons PLN, yang membuat konsumen bisa mendapat kompensasi.

Infografis Pemadaman Listrik PLN

“Ada enam case yang dijanjikan PLN, seperti lamanya gangguan, lamanya respons terhadap gangguan. Itu semua kita dapat kompensasi. Waktu itu pernah PLN memberi kompensasi Rp30 miliar ke seluruh konsumen di Indonesia," ujarnya, dalam acara diskusi energi "Menuju Kedaulatan Energi Nasional", MNC Trijaya, D'Consulate Resto and Lounge, Jumat, (30/8/2019).

Baca Juga: Soal Mati Listrik, YLKI: Masyarakat Ingin Kehandalan PLN Bukan Kompensasi

Tulus mengatakan, YLKI terus mengawal masalah kompensasi tersebut sampai benar-benar diterima pelanggan PLN. Meski, kata Tulus, PLN menjamin segera memberi kompensasi tersebut.

"Ketika saya tanya ke PLN katanya siap ganti kompensasi. Tapi harus siap-siapnya banyak, terutama tarif," ujarnya.

Senada dengan Tulus, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, memang bukan hanya pemadaman listrik yang mendapat kompensasi. Ada berbagai kompensasi yang bisa diberikan kepada pelanggan yang dirugikan.

“Bukan hanya pemadaman yang diberikan kompensasi. Namun, kompensasinya berbeda-beda, ada yang harus lima kali mati baru dapat kompensasi. Jadi hari ini mati, besok mati lagi, Besoknya mati lagi, kemudian besoknya lagi mati dua kali. Nah itu layak dapat kompensasi," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini