nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kini Investor Asing Tanam Modal di RI Tak Perlu Sowan ke BKPM

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 02 September 2019 11:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 02 320 2099493 kini-investor-asing-tanam-modal-di-ri-tak-perlu-sowan-ke-bkpm-D92lMMMMEy.jpg Investor Asing Tak Perlu Sowan ke BKPM (Foto: Okezone/Taufik Fajar)

JAKARTA - Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk mempermudah perizinan tinggal terbatas investor asing. Kemudahan tersebut berupa permohonan surat rekomendasi langsung mengajukan online tak perlu datang ke BKPM.

"Jadi, hal ini bisa dilakukan setelah sistem informasi dan Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS). Kalau dulu kan perlu rekomendasi ke kita. Nah sekarang tidak usah, karena udah terintegrasi," ujar Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal BKPM Husen Maulana di Kantor BKPM Jakarta, Senin (2/9/2019).

 Baca Juga: Kepala BKPM Ajak Investor Tingkatkan Ekonomi Indonesia

Menurut dia, dengan adanya sistem seperti ini, Ditjen Imigrasi bisa melihat identitas investor mulai dari jabatan hingga jumlah saham yang dimiliki.

"Saya berharap dengan dilakukannya ini, dapat meningkatkan kualitas layanan OSS dan meningkatkan kemudahan perizinan berinvestasi di Indonesia," tutur dia.

 Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Luncurkan "Kopi Mantap", Apa Itu?

Sementera itu, Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny F Sompie mengatakan sistem integrasi ini untuk kemudahan bagi investor asing. Di mana ini mulai berlaku pada 3 September 2019.

"Nantinya para investor asing yang akan mengajukan visa tinggal terbatas dapat dilakukan melalui web resmi Ditjen Imigrasi tanpa melampirkan surat rekomendasi dari BKPM. Dan akan berlakukan besok," ungkap dia.

 BKPM

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini