nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Fakta Menarik 'Karpet Merah' untuk Tenaga Kerja Asing

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 07:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 06 320 2101437 7-fakta-menarik-karpet-merah-untuk-tenaga-kerja-asing-H76kklyZn8.jpg Pemerintah Tambah Posisi Jabatan untuk Tenaga Kerja Asing (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah telah membuat kebijakan yang pro soal tenaga kerja asing. Sebab, tenaga kerja asing bisa menduduki posisi jabatan lebih banyak lagi.

Hal ini tercantum dalam Keputusan Menteri Ketengakerjaan (Kepmenaker) Nomor 228 Tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu Yang Dapat Diduduki Oleh Tenaga Kerja Asing pada 27 Agustus 2019.

“Jabatan tertentu yang dapat diduduki oleh Tenaga Kerja Asing sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini,” bunyi diktum kesatu Kepmenaker itu.

 Baca Juga: Aturan Baru, Pemerintah Tambah Posisi Jabatan untuk Tenaga Kerja Asing

Hal ini tentu menjadi peringatan kepada tenaga kerja lokal. Sebab, isu tenaga kerja asing setiap tahun masih menjadi polemik meski pemerintah mengklaim jumlahnya sangat dikit.

Berikut fakta-faktanya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Jumat (6/8/2019):

1. Pemerintah Tambah Posisi Jabatan untuk Tenaga Kerja Asing

Hal ini tercantum dalam Keputusan Menteri Ketengakerjaan (Kepmenaker) Nomor 228 Tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu Yang Dapat Diduduki Oleh Tenaga Kerja Asing pada 27 Agustus 2019.

Kepmenaker ini dibuat dengan pertimbangan bahwa keputusan Menteri Ketenagakerjaan yang mengatur tentang jabatan yang dapat diduduki oleh tenaga kerja asing sudah tidak sesuai lagi dengan pemerintah. Maka dari itu, melalui Menteri Ketenagakerjaan keputusan tersebut dianggap perlu disempurnakan.

 Baca Juga: Daftar Pekerjaan yang 'Dibanjiri' Tenaga Kerja Asing

2. Tenaga Kerja Asing Bisa Jadi Direksi dan Komisaris

Ditegaskan dalam Kepmenaker ini, jabatan Komisaris atau Direktur yang tidak mengurus personalia diizinkan untuk diduduki oleh Tenaga Kerja Asing, selama tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Jabatan yang dapat diduduki oleh Tenaga Kerja Asing dan persyaratan jabatan dievaluasi paling singkat setiap dua tahun atau sewaktu-waktu apabila diperlukan,” bunyi diktum keempat Kepmenaker ini.

3. Ada 18 Kategori untuk Tenaga Kerja Asing

Dalam Kepmenaker ini, jabatan tertentu yang dapat diduduki oleh Tenaga Kerja Asing dibagi ke dalam 18 kategori.

Adapun 18 kategori tersebut dimulai dari Konstruksi; Real Estate; Pendidikan; Industri Pengolahan; Kesenian, Hiburan, dan Rekreasi; Aktivitas Keuangan dan Asuransi; Informasi dan Telekomunikasi; hingga Aktivitas Jasa Lainnya; dan Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis. Demikian dikutip setkab.

4. Dapat Tambahan Jumlah Posisi Jabatan

Untuk kategori konstruksi misalnya, dalam Kepmenaker Nomor 228/2019 ini, ditentukan terdapat 181 jabatan yang bisa diisi oleh Tenaga Kerja Asing, mulai dari Manajer, Ahli Geofisika, Ahli Geokimia, Ahli Tehnik hingga Arsitek, Tenaga Survei dan Topografer.

Dalam ketentuan sebelumnya pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) Nomor 247/MEN/X/2011, hanya terdapat 66 pos jabatan pekerja asing di bidang konstruksi.

5. Tenaga Kerja Asing untuk Konstruksi

Untuk kategori konstruksi, dalam Kepmenaker Nomor 228/2019 ini, ditentukan terdapat 181 jabatan yang bisa diisi oleh Tenaga Kerja Asing.

Dimulai dari Manajer, Ahli Geofisika, Ahli Geokimia, Ahli Tehnik hingga Arsitek, Tenaga Survei dan Topografer. Dalam ketentuan sebelumnya pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) Nomor 247/MEN/X/2011, hanya terdapat 66 pos jabatan pekerja asing di bidang konstruksi.

6. Tenaga Kerja Asing untuk Sektor Pendidikan

Dalam kategori Pendidikan, kini terdapat 143 jabatan yang dapat diduduki oleh Tenaga Kerja Asing, mulai dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pustakawan, Manajer Penerimaan Siswa, Dosen, Guru, hingga Instruktur Ketrampilan.

Pada ketentuan sebelumnya sebagaimana tertuang dalam Kepmenakertrans 462 Tahun 2012 hanya terdapat 115 pos pekerjaan.

Sementara untuk jabatan pada industri kimia dan barang dari bahan kimia, dalam Kepmenaker in terdapat 33 jabatan yang dapat diduduki oleh Tenaga Kerja Asing. Sebelumnya sesuai Kepmenakertrans Nomor 463 Tahun 2012 hanya terdapat 14 jabatan.

7. Aturan Ini Langsung Berlaku

Setelah Kepmenaker tersebut usai dirancang, maka akan langsung diberlakukan sejak tanggal yang ditetapkan.

“Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi diktum ketujuh Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 228 Tahun 2019, yang telah ditetapkan di Jakarta pada 27 Agustus 2019 itu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini