nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perang Ide Pengusaha Milenial China, Pakai Roket Bekas hingga Baju Ironman

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 10:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 12 320 2103840 perang-ide-pengusaha-milenial-china-pakai-roket-bekas-hingga-baju-ironman-vf5ovExP8A.jpg Taobao Maker Festival Alibaba. (Foto: Okezone.com/Dani Jumadil)

HANGZHOU - Pengusaha muda China mulai memamerkan produk unggulannya dalam acara Taobao Maker Festival 2019. Acara ini terdiri lebih dari 400 merchants dan ada 1.000 produk yang ditampilkan.

Okezone berkesempatan melihat lebih dekat lagi berbagai macam produk yang ditampilkan oleh pengusaha muda China dengan teknologi canggih dan inovasinya di venue utama Hangzhou Boiler Factory pada Rabu 11 September 2019. Acara ini sendiri mulai dibuka hari ini, Rabu 12 September hingga 25 September 2019.

Baca Juga: Tren Besar di China, Generasi Milenial dan Z Jadi Pengusaha hingga Perang Ide Kreatif

Hangzhou Boiler Factory akan dibagi menjadi enam zone khusus dengan tema teknologi, budaya China, tren, desain, makanan dan produk kreatif.

Pantauan Okezone ketika memasuki kawasan pabrik yang disulap jadi tempat ajang pamer ide kreativitas pengusaha muda China ini langsung melihat jejeran produk teknologi dengan bermacam fungsi dan keunggulannya masing-masing.

Taobao Meker Festival Alibaba

Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah Long March Rocket. Prototipe dari roket ini akan dipamerkan di area outdoor Innovation Plaza. Produk yang akan debut di Taobao Maker Festival 2019 ini merupakan jimat keberuntungan yang terbuat dari puing-puing roket.

Baca Juga: 1.000 Produk Wirausaha Milenial China Pamer di Taobao Maker Festival 2019

Kemudian ada C-Exoskeleton Technology yang mempunyai produk Super Human Project. Produk ini merupakan baju ala Ironman seperti tokoh pahlawan di Marvel. Ketika memakai baju robot ini, kekuatannya pun langsung seperti Ironman, bahkan baju robot ini bisa mengangkat sebuah mobil.

"Di masa depan, setiap orang bisa menjadi Ironman," kata pengusaha muda China.

Taobao Meker Festival Alibaba

Kemudian masih di zona teknologi, ada juga produk unggulan lainnya seperti Robosea. Robosea sering disebut Underwater DJI, Robosea telah membuka toko di Taobao dan akan menunjukkan bagaimana Roboshark berenang dan membantu navigasi di dalam air.

Robot berbentuk ikan hiu ini juga berfungsi seperti drone yang memiliki kamera sehingga bisa melihat keadaan bawah laut.

Taobao Meker Festival Alibaba

Tidak hanya itu, ada juga produk kendaraan terbang yang bernama Aircraft Parking Lot berbentuk seperti helikopter mini. Namun kendaraan ini hanya dapat digunakan sendiri seperti 'motor' terbang.

Taobao Meker Festival Alibaba

Masuk ke zona makanan, ada juga produk unggulan yang ditampilkan seperti GreenMonday: Berasal dari Hong Kong, badan sosial GreenMonday akan menyiapkan hidangan kepada para pengunjung setiap hari untuk mencicipi daging vegan. GreenMonday mengadakan peluncuran di Taobao sebagai titik awal penetrasi ke pasar China.

Kemudian ada yang tidak kalah menariknya yakni VIST, brand es krim unik dengan rasa Maotai (cuka cokelat) dan rasa lain yang terinspirasi dari alkohol.

Selain itu ada Mr Tail. Merchant ini menjual makanan anjing yang kreatif dan menarik secara visual. Produk ini sering disebut-sebut sebagai 'Masakan Berbintang Michelin untuk Anjing'.

Taobao Meker Festival Alibaba

Produk yang di atas merupakan salah satu dari 400 merchants yang mejeng dalam acara Taobao Maker Festival 2019. Tentunya ada produk unggulan lainnya dengan ide yang gila dan menarik perhatian.

Meski menampilkan produk hasil dari ide kreatif generasi muda, Taobao tidak membuka transaksi jual beli di Taobao Maker Festival 2019.

Taobao Meker Festival Alibaba

Jika ada konsumen yang tertarik dengan produk yang ditampilkan, mereka tinggal memindai QR Code yang ada di setiap merchants dan membawa ke toko penjual di situs Taobao dan barang akan dikirim ke rumah masing-masing.

Tidak sembarang merchant bisa mejeng di Taobao Maker Festival. Ada standar penyeleksian hingga penjurian yang sebelumnya harus dipenuhi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini