nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaya Hidup Tinggi Bikin China Impor Besar-besaran

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 10:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104294 gaya-hidup-tinggi-bikin-china-impor-besar-besaran-GHjJfjVo2j.jpg Pasar Digital Freshippo, Alibaba. (Foto: Okezone.com/Dani)

HANGZHOU - Kemajuan teknologi di China sudah tidak diragukan lagi. Berbagai lini kehidupan sudah serba digital. Namun, masih saja ada yang kurang dari Negeri Tirai Bambu ini yakni masih melakukan impor pangan hingga makanan jadi.

Hal ini terkuak ketika Okezone mencoba merasakan berbelanja di Freshippo, supermarket premium yang ada di Hangzhou, China.

Baca Juga: Belanja Serba Digital di China, Pesan Online dan Bayar Pakai Wajah hingga Senyum

Hampir semua produk makanan di Freshippo berasal dari impor, karena gaya hidup orang China makin tinggi. Mereka ingin produk yang segar dan premium, maka cara yang cepat adalah melakukan impor.

"80%-90% produk di sini impor karena mereka ini mau dapat produk yang premium dan segar," kata Director, Corporate Affairs Alibaba Group Dian Safitri di Freshippo Hangzhou, China, Kamis (12/9/2019).

Pasar digital alibaba

Menurut data yang disajikan 80%-90% produk standar yang dijual di Freshippo adalah produk impor, di antaranya adalah produk asal Indonesia (Biskuit/Wafer Nabati, Kerupuk Udang Papa Tonk, Indomie, dan lain-lain).

Baca Juga: Yuan Lanjutkan Pelemahan terhadap Dolar AS

Sementara itu, penduduk China memiliki tradisi memilih produk seafood segar dalam keadaan hidup. Di Freshippo, semua produk diimpor baik dalam hidup maupun beku langsung dari sumbernya, dan dujual dengan harga 70-80% lebih rendah dari harga di tempat lain.

"Produk seafood paling digemari adalah King Crab dari Alaska," kata Dian.

Pasar digital alibaba

Di sisi lain, ada juga makanan yang sudah dikemas menjadi seafood beku. Produk ini dinamain Fresco adalah merek milik Freshippo, yang merupakan produk kemasan seafood beku, mulai dari salmon, stik ikan, udang, dan lainnya yang dikemas kedap udara mengukuti bentuk individu tiap potongan/irisan/ekor.

"Semua diimpor langsung dari sumbernya, seperti sebuah pulau kecil di Norwegia yang mengkhususkan semua salmonnya untuk Freshippo," katanya.

Pasar digital alibaba

Lanjut Dian mengatakan, seluruh pilihan produk, baik dari jenis, jumlah hingga lokasi display yang disajikan dalam rak ditentukan oleh big data. Dan display produk disesuaikan sekali dalam dua minggu.

"Price tag (tanda harga) elektronik mensinkronasikan harga terbaru secara online," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini