nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Kemegahan Kantor Alibaba

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 07:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 14 320 2104898 melihat-kemegahan-kantor-alibaba-m16ObFHf34.jpeg Kantor Pusat Alibaba (Foto: Okezone.com/Dani Jumadil Akhir)

JAKARTA - Alibaba yang berusia tepat 20 tahun telah menjadi perusahaan besar dunia yang tidak hanya bergerak di sektor e-commerce, tetapi sudah merambah ke sektor pembiayaan, teknologi, cloud computing hingga new retail. Di mana perusahaan itu berawal dari kamar di sebuah apartemen sederhana di Hupan Garden, yang dimiliki oleh sang pendiri yakni Jack Ma.

Apartemen yang merupakan cikal-bakal berdirinya Alibaba pada 1999 ini masih beroperasi dan menjadi pusat inkubasi Alibaba Group dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

Sekarang Alibaba Group mempunyai markas besar di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Meski menjadi kantor pusat, Alibaba menyebutnya sebagai kampus (Alibaba Campus) karena karyawan di sini selain bekerja tetapi juga menimba ilmu dan mengembangkan potensi diri.

Okezone bersama jurnalis lain dari Indonesia berkesempatan melihat langsung kantor pusat Alibaba yang luasnya mencapai sekira 460 hektare (ha) yang terdiri dari 9 gedung dan 8 gedungnya terintegrasi. Jumlah karyawan di Distrik Xixi ini mencapai 16.000 orang.

Baca Selengkapnya: Intip Kemegahan Kantor Alibaba dan Rasanya Jadi Karyawan Jack Ma

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini