nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari 16 Bisnis Ini, Pengusaha RI-Asean Bidik Transaksi Rp1 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 15:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 320 2106860 dari-16-bisnis-ini-pengusaha-ri-asean-bidik-transaksi-rp1-triliun-pb1ySJtAEY.jpg Pengusaha RI-Asean Bidik Transaksi Rp1 Triliun (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengusaha Indonesia yang tergabung dalam Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) menargetkan transaksi Rp1 triliun dalam penjajakan bisnis dengan pengusaha Asean.

Penjajakan bisnis ini menindaklanjuti kerja sama IMT GT di bawah supervisi Kementerian Koordinator Perekonomian. Pertemuan pertama dilaksanakan di Thailand, pada Maret 2019.

 Baca Juga: Di Depan 4 Menteri Jokowi, Pengusaha Curhat Seretnya Industri Properti

Upaya membuka pasar yang lebih luas hasil kerjasama aktif Japnas dengan Kemenko Perekonomian di Area BIMP-EAGA (Brunei Darussalam, Indonesia-Malaysia East Asean Growth Area), IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) dan area Pasifik. Mendorong para pengusaha dalam negeri berjaringan dan berekspansi keluar.

"Kami ingin dorong para untuk menjalin kerjasama B to B sehingga target kerjasama sebesar Rp1 triliun dapat tercapai," kata Ketua Umum PP Japnas Bayu Priawan Djokosoetono dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

 Baca Juga: Bertemu Pengusaha Tekstil, Presiden Jokowi Ingin Cari Peluang di Tengah Perang Dagang

Penjajakan bisnis ini melalui Japnas-YEN D South East Asia Business Matching 2019 yang dihelat di Jakarta pada 20-22 September 2019.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin

Acara ini akan dihadiri sedikitnya 400 pengusaha yang terdiri dari 300-an pengusaha Indonesia, 70 Pengusaha YEND Thailand, 10 Staff Kementrian Ekonomi Thailand yang dipimpin oleh Dirjen Perekonomian Kementerian perekonomian Thailand, pengusaha Malaysia, pengusaha Myanmar.

"Selain itu undangan pengusaha asing yang melakukan kegiatan usaha Indonesia," kata Ketua Pelaksana Japnas-YEN D South East Asia Business Matching 2019 Masbukhin Pradana.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin

Peserta business matching ini dikelompokkan menjadi 16 sektor yang terdiri dari aksesoris, perhiasan, kosmetik, fesyen, pertanian, otomotif, transportasi dan logistik, pakaian dan garmen, serta peralatan dan konstruksi.

Ada pula consumer goods, jasa, pendidikan, kelistrikan, gawai, makanan dan minuman, industri kelautan, pengemasan, farmasi dan bioteknologi, real estat, layanan teknologi dan digital, serta energi.

"Secara periodik kami juga telah melaksanakan Business Matching di berbagai provinsi secara periodik, mengidentifikasi produk – produk di daerah dan membuka akses keluar," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini