nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fit and Proper Test Anggota BPK Digelar Pekan Depan

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 15:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 21 320 2107618 fit-and-proper-test-anggota-bpk-digelar-pekan-depan-7qnuQmSbGf.jpg BPK (Okezone)

JAKARTA - Pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) oleh Komisi XI DPR akan digelar pekan depan. Sebelumnya, pemilihan anggota BPK yang baru berlangsung pada Kamis 19 September 2019 malam batal dilaksanakan.

Rapat Pleno Komisi XI memutuskan akan menggelar Fit and Proper Test (FPT) terhadap 30 calon yang belum pernah mengikuti FPT di komisi XI. Dengan demikian 62 calon yang mendaftar dipastikan diberikan kesempatan untuk mengikuti FPT.

 Baca juga: Janji Presiden Jokowi soal Rekomendasi BPK

"Keputusan voting batal. Senin dan Selasa depan (23-24 September) kami akan fit and proper test ke sisa 30 calon anggota BPK yang belum dites, baru Rabu voting," kata Anggota Komisi XI dari PDIP Hendrawan Supratikno dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

 BPK

Keputusan ini diambil pimpinan Komisi XI setelah mempertimbangkan keputusan rekomendasi dari DPD.

 Baca juga: BPK Temukan Pemborosan Rp275,19 Miliar oleh PLN

Sebelumnya DPD telah menyerahkan 15 nama calon anggota BPK yang dianggap layak kepada DPR. Sebanyak 2 dari 15 nama itu belum ikut tes yang digelar Komisi XI.

Anggota Komisi XI Ahmad Najib Qodratullah membenarkan keputusan Komisi XI, untuk mengundang 30 nama calon anggota BPK yang belom mengikuti FPT. Artinya hal ini sejalan dengan UU BPK dan merespons rekomendasi DPD RI.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini