nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investasi Rp15,3 Triliun, Proyek Tol Semarang-Demak Ditargetkan Rampung 2022

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 11:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 24 320 2108572 investasi-rp15-3-triliun-proyek-tol-semarang-demak-ditargetkan-rampung-2022-I8IfwgNlit.jpg Proyek Tol Semarang-Demak Ditargetkan Rampung 2022 (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pembangunan jalan tol tanggul rob Semarang-Demak akan segera dimulai pembangunannya pada tahun ini. Rencanannya, jalan tol yang juga akan menjadi tanggul rob ini akan rampung pada 2022.

 Baca Juga: Tol Tanggul Semarang-Demak Jadi 'Sirip' Trans Jawa

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol Semarang-Demak ini akan menjadi jaringan tol Trans Jawa di bagian Utara. Tak hanya itu, jalan tol ini juga akan terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut kota Semarang.

“Akan kita selesaikan 2022 dari Semarang ke Demak," ujar Basuki di Kantor Kementerian PUPR Senin (23/9/2019) malam.

 Baca Juga: Akhirnya, Proyek Tol Tanggul Rob Semarang-Demak Rp15,3 Triliun Diteken

Basuki menambahkan, panjang jalan tol ini adalah 27 kilometer (km) dengan investasi yang ditaksir mencapai Rp15,3 triliun. Penggabungan pembangunan dengan tanggul laut Semarang ini sekaligus untuk mengatasi banjir rob yang sering terjadi.

"Karena ada ide untuk menggabungkan dengan tanggul laut sekaligus kita mengatasi rob di Semarang," katanya.

 Tol Demak-Semarang

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Milyani Indrawati mengatakan, pembangunan proyek tol terintegrasi dengan tanggul laut ini didukung sepenuhnya oleh pemerintah. Oleh karena itu dirinya meminta kepada PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) menjadi salah satu vehicle Kementerian Keuangan untuk menjamin Tol Semarang-Demak yang terintegrasi dengan tanggul laut dengan total nilai investasi sebesar Rp15 triliun.

Tol Semarang Demak juga merupakan salah satu bentuk kolaborasi dan instrument dalam mendorong skema pendanaan KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha). Pembangunan ini diharapkan tidak hanya sukses mengatasi kemacetan dan rob, namun mampu menggambarkan reputasi negara sebagai investor friendly.

“Kita bayangkan kalau koneksi di Jawa akan makin efisien, maka dulu Semarang salah satu pelabuhan besar di Zaman Belanda yang koneksikan Jawa dengan Eropa dan membuat Eropa maju, mestinya Pulau Jawa maju tapi kita dijajah,” katanya.

Asal tahu saja, pengerjaan jalan tol ini ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol antara Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak dengan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit. Acara penandatanganam disaksikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljonk dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama PT PP (Persero) Lukman Hidayat.

 Jalan Tol

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Penjaminan Tol Semarang-Demak oleh Plt. Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) dan Direktur Utama Perseroan, serta penandatanganan Perjanjian Regres Tol Semarang-Demak antara Menteri PUPR dengan Plt Direktur Utama PT PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Melalui penandatanganan PPJT ini, diharapkan Perseroan bisa memulai proses pengerjaan pembangunan jalan tol sepanjang 27 kilometer (km).

Tol Semarang-Demak merupakan satu dari 14 ruas tol Proyek Strategis Nasional (PSN) Perpres Nomor 56 Tahun 2018. Proyek tol sepanjang 27 kilometer ini direncanakan berfungsi sebagai tanggul laut di pantai utara Kota Semarang. Jalan tol ini dibangun mulai dari wilayah Kaligawe hingga Kali Sayung di Kabupaten Demak, sehingga dapat menanggulangi banjir dan rob Kota Semarang sekaligus mengurai kemacetan Semarang-Demak.

PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak selaku badan usaha yang memenangi lelang, akan melaksanakan perencanaan, pengembangan, pembangunan dan pengelolaan Tol Semarang-Demak. Adapun susunan kepemilikan saham Perseroan sebanyak 65%, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebanyak 25% dan PT Misi Mulia Metrical sebanyak 10%.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini