nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhirnya, Proyek Tol Tanggul Rob Semarang-Demak Rp15,3 Triliun Diteken

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 23 September 2019 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 23 320 2108348 akhirnya-proyek-tol-tanggul-rob-semarang-demak-rp15-3-triliun-diteken-Z9A2XU4FBg.jpg Proyek Tol Semarang-Demak Akhirnya Diteken (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penandatangan perjanjian kerjasama jalan tol (PPJT) jalan tol Semarang-Demak pada hari ini. Setelah dilakukan penandatangan ini nantinya dilanjutkan dengan pencarian kredit perbankan dan setelah itu dilakukan pembangunan.

Namun, BUJT sudah bisa memulai pekerjaannya misalnya dengan penyiapan lahan dan anggaran, sehingga ketika mendapatkan pendanaan, konstruksi bisa segera dilakukan.

 Baca Juga: Tol Semarang-Demak Juga Berfungsi sebagai Tanggul Rob

Penandatangan perjanjian dilakukan bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh konsorsium PT PP (Persero), PT Wijaya Karya (WIKA) dan PT Misi Mulia Metrical yang diberi nama PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Dalam acara tersebut, dihadri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Selain itu hadir juga Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Isa Rachmatarwata, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit hingga Direktur Utama PTPP Lukman Hidayat.

 Baca Juga: 2 Kontraktor Tertarik Bangun Jalan Tol Tanggul Rob Laut di Semarang

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan tol ini sudah sangat ditunggu oleh warga Semarang. Karena selain sebagai jalan bebas hambatan, jalan tol ini diproyeksikan menjadi tanggul rob.

“Ini kan kita bangun tanggul laut untuk memperkuat dalam menghadapi rob ini,” ujarnya dalam acara penandatangan PPJT di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Basuki menambahkan, total biaya investasi yang dibenamkan untuk menggarap proyek sepanjang 26,99 kilometer ini mencapai Rp15,3 triliun. Dari total panjang tersebut, konsorsium bertugas untuk menggarap konstruksi sepanjang 16,3 kilometer.

“Total investasi Rp15,3 triliun. Kami ucapkan terima kasih telah dapat menyelesaikan administrasinya melalui lelang,” katanya.

Tol Demak-Semarang

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembangunan jalan tol ini sangat positif untuk meningkatkan kecepatan pengiriman logisitik. Apalagi jalan tol ini merupakan saah satu yang tersibuk karena banyak dilewati oleh kendaraan logistik.

“Hari ini menyaksikan PPJT pembangunan jalan tol satu paket tanggul untuk daerah Semarang-Demak. Ini salah satu jalan tol ekonomi tersibuk dan memberikan dampak positif yang sangat besar dari biaya dan kecepatan,” katanya.

Selain itu lanjut Sri Mulyani, jalan tol ini juga bisa mengatasi banjir rob yang di Semarang. Karena selama ini pada banjir rob sering terjadi ketika musim penghujan.

“Tanggul berguna karena daerah tersebut sering tenggelam dengan adanya tanggul rob bisa diatasi,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini