nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investor Abaikan Isu Politik AS Buat Wall Street Menguat

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 07:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 26 278 2109467 investor-abaikan-isu-politik-as-buat-wall-street-menguat-ahfZBD1Smz.jpg Wall Street (Reuters)

NEW YORK - Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Rabu (25/9/2019). Sementara itu, S&P 500 mencatat kenaikan harian terbesar dalam dua minggu karena investor mengabaikan berita penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump.

Sementara itu, saham Nike melonjak pada hasil kuartalan yang optimis. Saham Nike Inc (NKE.N) melonjak 4,2% setelah hasil kuartal pertama perusahaan mengalahkan ekspektasi pasar.

 Baca juga: Wall Street Dibuka Lesu di Tengah Kenaikan Saham Nike

Melansir Reuters, Jakarta, Kamis (26/9/2019), Dow Jones Industrial Average naik 162,94 poin atau 0,61% menjadi 26.970,71, S&P 500 naik 18,27 poin atau 0,62% menjadi 2.984,87 dan Nasdaq Composite menambahkan 83,76 poin atau 1,05% menjadi 8.077,38.

 Wall Street

Sentimen dalam negeri di mana anggota parlemen Demokrat pada hari Selasa bergerak untuk meluncurkan penyelidikan formal soal apakah akan memakzulkan Trump. Hal ini membuat Wall Street melemah sebentar saat perdagangan Rabu pagi.

 Baca juga: Wall Street Anjlok Imbas Komentar dari Partai Demokrat di Kongres AS

Namun, tak lama bergerak melemah, saham naik karena investor mencerna berita tersebut. Wall Street menjadi pulih dari pelemahannya.

"Kita akan melihat apa yang dilakukan Demokrat dari sini, apakah mereka maju atau tidak. Kelihatannya tidak akan menjadi gangguan yang kemarin dipikirkan oleh pasar. Jadi pasar mengalami hari yang baik berdasarkan itu," kata Tim Ghriskey, kepala strategi investasi di Inverness Counsel di New York, New York.

 Baca juga: Saham Teknologi Melesat, Wall Street Dibuka Menguat

Membantu sentimen, data menunjukkan bahwa penjualan rumah keluarga tunggal AS baru meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Agustus. Tanda bahwa pasar perumahan yang kesulitan mulai mendapatkan tumpangan dari tingkat pinjaman yang lebih rendah.

Dari sekian sektor utama penompang Wall Street, sektor teknologi dan komunikasi naik 1,2%. Sedangkan Index Chip Philadelphia naik 1,8%.

Menambah sentimen menjadi lebih kuat, Trump mengatakan kesepakatan perdagangan dengan China dapat terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan. Komentar yang berbeda dengan retorikanya yang keras sehari sebelumnya.

Juga di bidang perdagangan, Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan rincian awal dari kesepakatan perdagangan yang muncul antara kedua negara, dengan Trump mengatakan akan membuka pasar Jepang untuk produk-produk Amerika senilai USD7 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini