nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai Bulan Depan, Naik MRT Tinggal Scan Barcode

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 19:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 26 320 2109757 mulai-bulan-depan-naik-mrt-tinggal-scan-barcode-YKXLLkoBFN.jpg Naik MRT Tinggal Scan Barcode (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta menyiapkan sistem pembayaran tiket terbaru. Adalah sistem pembayaran menggunakan QR Code yang bisa digunakan penumpang jika ingin menggunakan kereta MRT.

 Baca Juga: MRT Jakarta Tawarkan Bangun Transportasi Modern di Ibu Kota Baru

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, jika tak ada halangan penggunaan sistem pembayaran QR Code ini akan mulai diimplementasikan pada Oktober. Jika mulai berjalan, maka masyarakat cukup scan barcode saja untuk menggunakan kereta MRT.

"Rencana kita mau buat QR code ticketing. Akan go live akhir bulan depan,” ujarnya dalam acara paparan di Wisma Nusantara, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

 Baca Juga: Ibu Kota Pindah, MRT Jakarta Fase II Tetap Sesuai Target

Saat ini lanjut William, pihaknya tengah melakukan beauty contest terhadao beberapa provider. Nantinya pihaknya akan mengakomodir beberapa provider penyedia QR Code untuk ikut di dalamnya.

“Sekarang kita mengundang teman-teman mitra menjadi provider QR code kita," ucapnya.

 QR Code

Sambil melakukan beauty contest, pihaknya akan memasang gate alias gerbang tiket yang baru untuk memfasilitasi sistem QR code. Diharapkan bisa segera bisa melakukan uji coba sebelum beroperasi pada bulan depan.

"Prosesnya di awal Oktober akan ada pengadaan sistem QR gate, kemudian performance test, kalau sesuai rencana Oktober go live tapi paling lambat akhir tahun ini," katanya.

Mengenai mekanisme pembayarannya nantinya akan dilakukan lewat aplikasi smartphone. Di situ lah penumpang bisa memesan tiket.

Penumpang bisa memesan tiket stasiun berangkat dan tujuannya. Setelah itu, penumpang bisa memilih pembayaran dengan QR Code.

"QR code Anda akan pakai mobile apps MRT Jakarta akan kita luncurkan nanti, Anda buka Anda lihat map-nya tinggal klik aja mau ke mana dari mana. Nanti menu pembayarannya ada banyak provider tinggal pilih bayar," katanya.

 MRT

Kemudian setelah berhasil membayar, penumpang tinggal men-scan barcode di gate stasiun. Maka saldo yang ada di aplikasi akan berkurang dengan sendirinya ketika sudah di-scan.

"Setelah itu Anda ke gate, ada QR gate tempelkan di situ dan gate akan terbuka," ucapnya.

Selain itu lanjut William, dirinya juga akan meluncorkan kartu Multi Trip MRT. Rencananya November nanti kartu tersebut akan diluncurkan, kini pihaknya sedang mengurus izin menerbitkan kartu pembayaran.

"Kartu MTT (Multi Trip MRT) akan kita terbitkan November, kan selama ini masih single trip aja. Kita lagi urus izin di BI, izin menerbitkan kartu pembayaran," ucapnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini