nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 3 Tempat 'Pemakan' Sampah yang Buat Lingkungan Bersih

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 11:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 26 470 2109530 ini-3-tempat-pemakan-sampah-yang-buat-lingkungan-bersih-QoA1s2a4V7.jpg SAmpah (Reuters)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan informasi seputar pembagian Tempat Pengelolaan Sampah (TPS). Pasalnya, sampah-sampah yang dihasilkan oleh masyarakat nantinya akan diolah ke 3 tempat.

Sampah memang sulit untuk diolah dan akhirnya merusak lingkungan. Demi menyelamatkan bumi, selain membagi tempat sampah organik dan nonorganik, masyarakat diimbau untuk tahu ke mana sampah-sampah yang mereka hasilkan diolah.

 Baca juga: Australia Akan Hentikan Ekspor Sampah Daur Ulang

"Umumnya, pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat akan di salurkan ke 3 tempat, yaitu TPS, TPA, dan TPST. Nah, #sahabatPUPR tahu nggak perbedaan dari ketiganya? Jika belum, dimak penjelasannya pada gambar berikut ini ya," demikian dikutip dalam keterangan Instagram @KementerianPUPR, Kamis (26/9/2019).

Berikut 3 perbedaan Tempat Pengelolaan Sampah yang dikutip dari Instagram @KementerianPUPR:

1. Tempat Pembuangan Sementara (TPS)

TPS

Tempat Pembuangan Sementara (TPS) adalah tempat sebelum sampah diangkut ke tempat pendauran ulang, pengolahan, dan/ tempat pengolahan sampah terpadu.

2. Tempat Pemrosesan Akhir

 TPA

Selanjutnya, sampah- sampah yang sudah dimasukkan ke dalam TPS, dimasukkan ke Tempat Pemrosesan Akhir yang mana tempat ini untuk memproses dan mengembalikan ke media lingkungan.

3. Tempat pengelolahan Sampah Terpadu (TPST)

 TPST (PUPR)

Tempat terakhir ini adalah tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilihan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan dan pemrosesan akhir.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini