nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemilik Rumah Tanpa IMB Bisa Disanksi Berat, Yuk Segera Buat!

Kamis 26 September 2019 13:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 26 470 2109592 pemilik-rumah-tanpa-imb-bisa-disanksi-berat-yuk-segera-buat-cPdHwr72gv.jpg Ilustrasi (Foto: Getty Images)

JAKARTA - Pernah mendengar berita tentang rumah atau bangunan yang dirobohkan oleh pemerintah? Biasanya, kasus tersebut terjadi karena si pemilik tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bukan cuma dirobohkan, pelaku pelanggaran seputar kepemilikan IMB ini bisa mendapatkan sanksi berat lho.

Sanksi yang didapatkan jika rumah tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan

Pemilik rumah yang tidak memiliki IMB nantinya akan dikenakan sanksi berupa denda dan rumah pun bisa dirobohkan. Peraturan tertulis soal Izin Mendirikan Bangunan terdapat pada PP Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Selengkapnya, berikut sanksi yang akan dikenakan menurut peraturan tersebut:

Pasal 115 ayat (1) PP Nomor 36 Tahun 2005

Berdasarkan pasal ini, pemilik rumah yang tidak memiliki IMB, dapat dikenakan sanksi administratif berupa penghentian sementara sampai dengan diperolehnya izin mendirikan bangunan gedung.

Pasal 115 ayat (2) PP Nomor 36 Tahun 2005

Pemilik bangunan gedung yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan gedung dikenakan sanksi perintah pembongkaran.

Pasal 45 ayat (2) UUBG

Selain sanksi administratif, pemilik bangunan juga dapat dikenakan sanksi berupa denda paling banyak 10% dari nilai bangunan yang sedang atau telah dibangun.

Pasal 48 ayat (3) UUBG

Bangunan yang telah berdiri namun tak memiliki IMB, harus memperoleh IMB dengan cara mendapatkan sertifikat laik fungsi terlebih dahulu.

Belum punya IMB? Ini langkah-langkah membuat Izin Mendirikan Bangunan

Tidak adanya IMB bisa menimbulkan hal-hal yang cukup fatal. Oleh karena itu, jangan sepelekan keberadaan IMB. Jika kamu belum memilikinya, sebaiknya segera buat sebelum kamu mendapatkan sanksi di atas. Berikut langkah-langkah membuat IMB:

- Siapkan dokumen persyaratan

- Untuk rumah dengan ukuran di bawah 500 m2, datang langsung ke loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan dengan membawa dokumen persyaratan, jika dokumen sudah lengkap maka prosesnya akan lebih cepat

- Jika belum memiliki dokumen teknis seperti gambar arsitektur bangunan, petugas akan membantu dengan mendatangi rumah

- Pemeriksaan dan evaluasi dokumen oleh pemerintah daerah selama 7 – 14 hari kerja

- Bayar retribusi IMB

- Serahkan bukti pembayaran retribusi IMB ke pemerintah daerah

- Pemerintah daerah akan mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan sekitar 7 hari sejak tanda bukti pembayaran diterima.

Bagaimana? Mudah sekali kan mengurus IMB? Apabila kamu membutuhkan informasi lain seputar rumah? Simak artikel-artikel lainnya dari Rumah123.com!

 (adv)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini