nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hemat Mana, Pakai Masker Mulut Sekali Pakai atau Kain?

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 30 September 2019 15:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 30 320 2111051 hemat-mana-pakai-masker-mulut-sekali-pakai-atau-kain-vvAIfemmTs.jpg Polusi Udara (Foto: Okezone.com

JAKARTA - Kualitas udara di Ibu Kota Jakarta menempati posisi keempat sebagai kota yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia.

Pengukuran kualitas tersebut berdasarkan US Air Quality Index (AQI), atau indeks kualitas udara. Posisi Jakarta berada angka 147 atau setara parameter PM2.5 dengan konsentrasi polutan 54.3 µg/m³.

Baca juga: Polusi Udara Jakarta Sudah Dikategorikan Bencana Perlahan

Dengan situasi tersebut, tidak heran bila banyak warga Ibu Kota yang menggunakan masker mulut, baik di ruang terbuka maupun di tempat umum seperti di dalam kereta atau kendaraan umum lainnya.

Tujuannya agar bisa menghindari efek samping udara yang buruk bagi kesehatan. Di pasaran terdapat dua jenis masker, yakni sekali pakai dan yang terbuat dari kain. Sebenarnya, lebih baik yang mana?

Perluasan Ganjil Genap Belum Berdampak pada Perubahan Polusi Udara di Jakarta 

1. Harga

Masker Kain : Rp5.000 - Rp10.000 per pieces

Masker Sekali Pakai : Rp500-Rp2.000 per pieces

2. Kegunaan

Masker kain hanya dapat mencegak partikel besar. Partikel kecil tidak tersaring dengan baik. Sementara masker sekali pakai dapat mencegah partikel kecil agar tidak terhirup dan masuk ke saluran pernafasan.

Harus Segera Diatasi, Polusi Udara Bisa Picu Kanker

3. Bahan Dasar

Masker kain terbuat dari bahan katun, maka bisa dicuci dan dipakai ulang. Bahan kain merupakan materi organik ramah terhadap lingkungan dan bisa didaur ulang oleh alam. Sementara mengutip Kerta Bumi Klinik Sampah, masker sekali pakai berbahan dasar spunbond yang terbuat dari plastik jenis polypropylene yang tidak dapat diurai oleh alam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini