nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memulai Bisnis di Usia Muda, Intip Kisah Sukses Bill Gates hingga Sahid Khan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 06:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 03 320 2112450 memulai-bisnis-di-usia-muda-intip-kisah-sukses-bill-gates-hingga-sahid-khan-hAU3nU7lWp.jpg Bill Gates dan Paul Allen di 1972. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA - Memiliki bisnis menjadi impian bagi sebagian orang. Hal itu seringkali terhalang oleh beberapa kendala yang dialami saat sedang mulai merintis sebuah bisnis.

Untuk itu, kamu bisa belajar dari berbagai kisah sukses beberapa orang yang termasuk dalam 400 orang terkaya di Amerika. Melansir Forbes, Jumat (4/10/2019), kebanyakan mereka bahkan memulai bisnisnya sedari umur yang masih terbilang muda, meski diawali dengan usaha kecil-kecilan.

Baca Juga: 10 CEO Perusahaan Teknologi Paling Inspiratif, dari YouTube hingga Tesla

1. Bill Gates di Peringkat 2

Pada usianya yang ke-16, pendiri Microsoft ini mengambil cuti di masa sekolahnya untuk membangun perangkat lunak komputer untuk Bonneville Power Administration. Satu tahun kemudian di 1972, dia mendirikan bisnis pertamanya dengan teman dan mitra bisnisnya Paul Allen, yaitu Traf-o-Data yang harus menerima kegagalan.

Kisah Sukses

Tiga tahun kemudian pasangan bisnis ini mendirikan Microsoft, Saat ini, kekayaan bersihnya sebesar USD106 miliar.

2. Michael Dell di Peringkat 18

Dell merupakan mahasiswa biasa berusia 19 tahun di Universitas Texas ketika ia mendirikan perusahaannya yang dengan hanya USD1.000 di kamar asramanya pada tahun 1984. Tiga bulan kemudian, perusahaan itu sudah menghasilkan hampir USD1 juta dalam penjualan dan mengubah keuntungan.

Baca Juga: Kisah Jaelle Ang, Arsitek Cantik yang Sukses Kembangkan Usahanya

Pria yang pernah bekerja di sebuah toko emas dan perhiasan kini memiliki kekayaan bersih sebesar USD32,3 miliar.

Kisah Sukses

3. Abigail Johnson di Peringkat 34

Awalnya, Johnson bergabung dengan reksa dana keluarganya, Fidelity, sebagai karyawan magang di musim panas ketika ia masih menjadi mahasiswa di Hobart and William Smith di New York bagian utara. Setelah periode singkat sebagai rekanan riset di perusahaan konsultan Booz Allen Hamilton, dia memperoleh gelar MBA di Harvard dan mulai bekerja untuk Fidelity penuh waktu sebagai analis ekuitas pada tahun 1988. Ia kemudian diangkat sebagai CEO Fidelity pada 2014 dan kini ia memiliki kekayaan bersih USD14 miliar.

Kisah Sukses

4. Sahid Khan di Peringkat 61

Setelah berimigrasi ke AS dari Pakistan saat berusia 16 tahun, Khan bergabung dengan pabrikan suku cadang mobil Flex-N-Gate ketika masih menjadi mahasiswa. Ia pun mengembangkan desain revolusioner untuk bemper tunggal, kemudian meninggalkan perusahaan pada tahun 1978 untuk memulai Bumper WOrks pada usia 28 tahun. Hanya dalam dua tahun, Khan membagi kesuksesan perusahaannya menjadi tawaran kemenangan untuk membeli Flex-N-Gate dari mantan bosnya. Saat ini, kekayaan bersihnya mencapai USD7.8 miliar.

Kisah Sukses

5. Ralph Lauren di Peringkat 100

Lauren memulai awal karirnya di industri fashion dengan bekerja di department store Alexander's ketika masih duduk di bangku sekolah menengah. Setelah dua tahun di Angkatan Darat A.S., Ralph Lauren menjual ikatan untuk Brooks Brothers sebelum pergi untuk meluncurkan lini ikatan Polo pada tahun 1967 pada usia 28 tahun. Lauren pun memulai merek pakaiannya yang membuat dirinya menjadi miliarder dengan kekayaan bersih mencapai USD6.3 miliar.

Kisah Sukses(fbn)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini