nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lansia Juga Dapat Kartu Pra-Kerja Jokowi, Bisa Raih Rp500.000/Bulan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 16:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 03 320 2112479 lansia-juga-dapat-kartu-pra-kerja-jokowi-bisa-raih-rp500-000-bulan-yx39wH2Nkf.jpg Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah terus membahas implementasi program kartu pra-kerja yang menjadi salah satu janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencananya tak ada batasan usia maksimal penerima manfaat kartu pra-kerja.

Baca Juga: Informasi Lowongan Kerja Pusat dan Daerah Kini Satu Pintu

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, batasan bawah usia penerima kartu pra-kerja adalah 18 tahun. Namun, tak ada batasan atas usia, artinya lansia pun bisa menikmati program kartu pra kerja.

"Enggak ada, ngapain ada batas atasnya (usia). Jadi bisa saja (lansia) kalau memang dia merasa masih butuh skill. Kalau misalnya dia usianya 60 tahun, Tuhan kasih mati di usia 90 tahun, tapi masa iya selama 30 tahun dia enggak kerja gitu?," ungkapnya ditemui Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Menteri Hanif

Hanif juga menjelaskan, penerima kartu pra kerja harus berkewarganegaraan Indonesia dan tidak boleh sedang menjalankan pendidikan formal.

"Jadi yang penting batasannya 18 tahun ke atas, tentu WNI (warga negara Indonesia). Tidak sedang menjalani pendidikan formal," katanya.

Untuk implementasi program kartu pra kerja di tahun 2020, pemerintah sudah menganggarkan Rp10 triliun. Itu termasuk dana insentif sebesar Rp300 ribu- Rp500 ribu yang diberikan selama 3 bulan untuk 2 juta pemegang kartu.

Baca Juga: Viral Kecanggihan Robot Kalahkan Tukang Kayu

Meski demikian, Hanif mengatakan, besaran insentif itu masih berupa perhitungan awal. Pemerintah masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut detail rencana tersebut.

"Karena nanti eksekusinya 2020. Jadi relatif masih ada waktu, makanya ini sedang mematangkan desain implementasinya," kata Hanif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini