Bandara Baru Yogyakarta Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 04 320 2113055 bandara-baru-yogyakarta-ditargetkan-selesai-akhir-tahun-GPOgXzkxpM.jpg Ilustrasi Bandara (Foto: Okezone.com)

KULONPROGO – PT Angkasa Pura menargetkan pembangunan Bandara baru Yogyakarta (Yogyakarta Internasional Airport/YIA) selesai pada bulan Desember. Saat ini progres pembangunan sudah 85%. Nantinya mulai Januari 2020, sejumlah penerbangan domestik di bandara Adisutjipto dipindah ke YIA.

“Progresnya sudah 85%, dan memang kita mengebut,” jelas Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama disela menyambut penerbangan perdana Garuda Indonesia di YIA, Jumat (4/10/2019).

Baca juga: Pembangunan Bandara YIA Dinilai Sangat Cepat

Agus Pandu yang merupakan GM bandara Adisutjipto ini mematok target, bandara ini sudah full operasional pada libur natal dan tahun baru mendatang. Nantinya ada sekitar 140 penerbangan di Adisutjipto yang akan dipindah ke YIA.

“Akhir Januari, akan kita pindahkan 140 penerbangan ke sini,” jelasnya.

Dengan pemindahan penerbangan ini, nantinya bandara YIA akan semakin ramai. Saat ini saja sudah ada sekitar 30 rute penerbangan baru di YIA yang dilayani dengan jumlah penumpang mencapai 2.000 per hari.

bandara

Untuk pemindahan penerbangan internasional kata Pandu, butuh waktu lebih lama lagi. Setidaknya butuh waktu dua bulan setelah penerbangan domestik dipindah. Penerbangan internasional baru dari Singapura dan Malaysia. Diharapkan dengan dibukanya YIA yang mampu menampung pesawat berbadan besar dan lebar akan semakin banyak penerbangan langsung dari luar negeri.

Pada bulan Desember, pembangunan terminal domestik di lantai tiga sudah akan selesai. Sedangkan yang yang eksisting saat ini akan dipakai untuk penerbangan internasional. Tinggal melengkapi dengan layanan bea cukai, karantina dan layanan lain.

“Butuh dua bulan untuk persiapan pemindahan penerbangan internasional,” jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini