Share

Kisah Youtuber Kontroversial, Kekayaannya Tembus Rp170 Miliar

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 05 320 2113259 kisah-youtuber-kontroversial-kekayaannya-tembus-rp170-miliar-qd5c5Q594P.png Youtuber Shane Dawson. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA - Seorang youtuber berusia 30 tahun, Shane Dawson telah memiliki subscriber hingga 22 juta. Dawson mengawali karier dengan membuat video konten drama komedi dan parodi hingga akhirnya kini mampu menciptakan sebuah film dokumenter berdurasi satu jam tentang teori konspirasi di Youtubenya.

Ketenaran Dawson membuatnya mendapatkan kekayaan bersih mencapai USD12 juta atau sekira Rp170 miliar (kurs Rp14.141 per USD) dari menulis buku, menyiarkan podcast dan mengunggah video-videonya di Youtube . Tak hanya itu, Dawson juga memiliki beberapa kontroversi dihidupnya.

Baca Juga: Memulai Bisnis di Usia Muda, Intip Kisah Sukses Bill Gates hingga Sahid Khan

Mengutip dari Business Insider Singapore, Sabtu (5/10/2019), Dawson tumbuh dengan seorang ayah yang pecandu alkohol dan dia ternyata pernah menjadi korban bully karena kelebihan berat badan di sekolah menengah.

Pada usia 18 tahun,d ia mendaftarkan diri dalam sebuah kelas untuk program penurunan berat badan yang populer hingga akhirnya berhasil menurunkan berat badan.

Youtuber

Pada saat yang sama, Dawson juga ikut audisi akting untuk sebuah pertunjukan, tetapi dia tidak memiliki banyak keberuntungan pada saat itu. Hingga akhirnya pada 2008, ia memutuskan untuk membuat channel Youtube yang sekarang dikenal Shane Dawson TV.

Baca Juga: 10 CEO Perusahaan Teknologi Paling Inspiratif, dari YouTube hingga Tesla

Namun konten Youtube itu justru menuai banyak masalah, karena setelah merekam dirinya menari tiang saat bekerja, Dawson dan enam orang lainnya (termasuk ibu dan saudara laki-lakinya) dipecat dari pekerjaan mereka.

Video pertama Dawson yang benar-benar viral adalah "Fred is Dead", sebuah video komedi sketsa yang sudah ditonton lebih dari 25 juta view sampai saat ini.

Saat itu untuk tetap memenuhi kebutuhannya, Dawson juga mengambil pekerjaan sambilan sebagai penjaga keamanan sambil terus mengunggah video ke channel Youtubenya.

Pada 2011, Dawson diketahui sedang dekat dengan sesama Youtuber perempuan, Lisa Schwartz. Ketika Dawson terus menghasilkan video viral, dia memanfaatkan ketenarannya untuk membuat usaha lain.

Pada 2013, Dawson meluncurkan podcast bertemakan "Shane and Friends" dimana ia mewawancarai berbagai Youtuber. Namun, podcastnya berhenti pada 2017 dan semua eopisode telah dihapus dari Youtube Channelnya.

Dengan segudang kontroversi yang membuat geger dunia Youtube, Pada 2018, Dawson beralih ke seri multi-bagian yang menyelidiki teori konspirasi dan mendokumentasikan kehidupan YouTubers yang memalukan, termasuk Tana Mongeau, Jake Paul, dan Eugenia Cooney.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini