nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selesaikan Perang Dagang, Presiden Trump dan Wakil PM China Akan Bertemu

Jum'at 11 Oktober 2019 20:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 11 20 2115900 selesaikan-perang-dagang-presiden-trump-dan-wakil-pm-china-akan-bertemu-qx1FRiOOnS.jpg Perang Dagang (Shutterstock)

WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Gedung Putih pada Jumat (11/10/2019) waktu setempat. Pertemuan tersebut di tengah antisipasi bahwa hasil kesepakatan perdagangan parsial akan tercapai di antara kedua negara.

“Kami melewati sebuah perundingan sangat baik dengan China,” kata Trump setelah berlangsung perundingan satu hari antara Liu dan Utusan Perdagangan Amerika Robert Lighthizer pada Kamis 10 Oktober 2019 waktu setempat.

 Baca juga: Produk Amerika Kian Tergilas Perang Dagang?

Melansir VoA Indonesia, ini merupakan pembicaraan perdagangan tingkat senior pertama antara Amerika dan China sejak Juli. Tiga bulan sesudahnya, China dan Amerika melanjutkan perang tarif atas produk bernilai miliaran dolar. Amerika juga memberlakukan pembatasan visa dan penalti lain terhadap China terkait perlakuan terhadap minoritas Muslim.

 Donald Trump

Kata Trump, tarif Amerika terhadap impor China telah memperlamban pertumbuhan ekonomi China dan katanya, Beijing ingin mencapai kesepakatan.

 Baca juga: Dampak Perang AS-China, Presiden Jokowi: Ada Peluang untuk Para Pengusaha Mebel di Indonesia

Liu tidak bersedia memberi komentar kepada reporter pada Kamis (10/10/2019). Tetapi kantor berita Xinhua mengutip dia mengatakan, “pihak China datang dengan ketulusan, bersedia bekerja sama dengan Amerika untuk menyeimbangkan perdagangan, akses pasar, dan perlindungan investor," tutupnya.

(DNA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini