nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekonomi Melambat, Total Kekayaan Miliarder India Turun 8%

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 12:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 11 320 2115634 ekonomi-melambat-total-kekayaan-miliarder-india-turun-8-cKtVjAJYWm.jpg Orang Terkaya di India (Foto: Forbes)

JAKARTA – Tahun ini merupakan tahun yang penuh tantangan bagi para orang terkaya di India. Di bawah pemerintahan Narendra Modi yang kembali berkuasa untuk masa jabatan kedua, pertumbuhan ekonomi melambat menjadi 5%. Angka tersebut merupakan level terendah dalam enam tahun.

Ketika permintaan konsumen merosot, sektor-sektor seperti mobil dan barang-barang konsumen kian mengumumkan PHK dan pengurangan produksi. Untuk meningkatkan sentimen, pemerintah mengatakan akan menurunkan tarif pajak perusahaan menjadi 22% dari 30%.

Baca Juga: 20 Miliarder India, dari Pengusaha Migas sampai Pedagang Obat

Melansir Forbes, Jakarta, Jumat (11/10/2019), Mukesh Ambani tetap menjadi orang India terkaya selama 12 tahun berturut-turut. Kekayaannya menjadi USD4,1 miliar atau sekitar Rp5,8 triliun saat Jio, unit telekomunikasi berusia tiga tahun dari Reliance Industries, menjadi salah satu operator seluler terbesar di India dengan 340 juta pelanggan.

Miliarder selanjutnya adalah konglomerat infrastruktur Gautam Adani, yang melonjak delapan peringkat ke urutan 2. Setelah menunggu sembilan tahun, Adani mendapatkan izin pada Juni untuk mulai bisnis tambang batubara di Australia. Adani, yang merupakan negara bagian Gujarat, Modani, telah menjelajah ke banyak bisnis baru dari bandara ke pusat data.

gautam

Sementara itu, dengan uang senilai USD4 miliar mendorong bankir Uday Kotak ke lima besar untuk pertama kalinya. Tarif pajak yang lebih rendah terbukti meningkatkan pendapatan Bank Kotak Mahindra-nya. Akibat kebijakan fiskal di India tersebut, sahamnya langsung naik 39% sejak kami mengukur kekayaan terakhir.

Ada enam wajah baru tahun ini, termasuk Byju Raveendran, pendiri edtech yang sedang naik daun, Manohar Lal dan Madhusudan Agarwal dari Haldiram Snacks yang bermarkas di Delhi dan Rajesh Mehra, yang keluarganya memiliki merek perlengkapan kamar mandi Jaquar yang populer. Samprada Singh, pendiri Alkem Laboratories, meninggal pada Juli dan kekayaannya sekarang terdaftar di bawah keluarganya.

Kekayaan bersih lebih dari setengah anggota daftar jatuh. Secara keseluruhan, sembilan anggota dari peringkat tahun lalu turun. Total kekayaan 100 orang terkaya tahun ini menyusut 8% dari tahun lalu menjadi USD452 miliar.

Baca Juga: Intip Kekayaan Para Aktor Pemain Batman, Siapa Paling Tajir?

Akan tetapi lebih dari sepertiga dari penurunan itu disebabkan oleh kemurahan hati yang luar biasa dari taipan teknologi Azim Premji, yang memberikan sebagian kekayaannya pada bulan Maret dan akibatnya turun ke peringkat 17 dari posisi 2. Dia terinspirasi oleh Mahatma Gandhi, Premji sejauh ini telah menyumbangkan USD21 miliar untuk amal yang berfokus pada pendidikan, yang mencakup dua pertiga sahamnya di Wipro (ia memiliki 7% saham).

Madhukar

Sementara itu, kekayaan Acharya Balkrishna menurun lebih dari dua pertiga karena kemerosotan penjualan pada lini bisnis Patanjali Ayurved. Pembuat Autoparts, Vivek Chaand Sehgal, bernilai lebih dari setengahnya menjadi USD2,45 miliar karena saham Motherson Sumi Systems turun 61% karena melambatnya permintaan di pasar mobil India dan global.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini