nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuk Daftar Menteri dengan Kinerja Terbaik, Ini Segudang Prestasi Sri Mulyani

Delia Citra, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 19:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 14 20 2116792 masuk-daftar-menteri-dengan-kinerja-terbaik-ini-segudang-prestasi-sri-mulyani-OOKRdIpGjN.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com/Kemenpan RB)

JAKARTA- Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi salah satu wanita kebanggaan Indonesia dengan segudang prestasi. Bahkan kesuksesannya menjadikan wanita yang akrab disapa Ani ini sebagai Menkeu terbaik di Asia Pasifik Tahun 2019 versi majalah keuangan FinanceAsia.

Menteri Sri Mulyani juga masuk ke dalam daftar 10 besar menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi. Peringkat tersebut terangkum dalam survei yang dilakukan Alvara Research Center dengan kepuasan 83,39%. Sri Mulyani menduduki peringkat ketiga di bawah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Baca Juga: Mahasiswa Dihadapkan Tantangan Global, Sri Mulyani: Percuma Punya IP 4,00

Keberhasilan Sri Mulyani, pastinya tidak lepas dari prestasi dan kebijakan yang diberikan untuk Indonesia. Kebijakan tersebut pertama, Sri Mulyani menginginkan sistem perpajakan bisa lebih mudah dari pembelian pulsa.

Selain itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia juga menginginkan digitalisasi sistem perpajakan, sehingga mengurangi potensi suap-menyuap.,Kemudian pemerintah menyebut ada kebijakan baru dan inisiatif di Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Sri Mulyani

Kebijakan baru dan inisiatif dalam RAPBN 2020 untuk meningkatkan penguatan kualitas Sumber Daya Manusia dan Daya Saing.

"Kebijakan baru seperti, super deduction untuk kegiatan vokasi dan litbang. Lalu mini tax holiday untuk investasi di bawah Rp500 miliar. Dan Investment allowance untuk industri padat karya," ujar dia.

Baca Juga: Sri Mulyani Orasi Ilmiah di UMM, Eh Tiba-Tiba Mati Lampu

Kementerian Keuangan mulai mengatus bisnis jasa titip (jastip) yang belakangan menjamur di kalangan milenial boleh saja dijalankan. Asal hal itu berjalan sesuai koridor yang ditetapkan pemerintah.

Dia juga mengatakan kepada para pebisnis jastip untuk tetap mematuhi peraturan yang ada. Sebab, perilaku mereka ini merugikan banyak pihak, seperti toko-toko retail yang menjual barang sejenis.

Sri Mulyani juga memberikan sinyal akan kembali menerapkan tax amnesty jilid II atau pengampunan pajak kepada Wajib Pajak (WP). Di mana program kembali tax amnesty sudah masuk dalam kajian paket reformasi pajak yang segera diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Menurutnya, sebelum menjalankan program tax amnesty jilid II, pihaknya akan dengarkan aspirasi dan masukan dari berbagai pihak terlebih dahulu. Dan nantinya akan disampaikan kepada Presiden Jokowi bagaimana keseluruhan framework atau kerangka kebijakan perpajakan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini