nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bocoran Lowongan CPNS Akhir Oktober di Bali hingga Kalimantan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 14:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 16 320 2117671 bocoran-lowongan-cpns-akhir-oktober-di-bali-hingga-kalimantan-uiuLi2XwuY.jpg CPNS (Setkab)

JAKARTA - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka akhir Oktober 2019 mendatang. Rencanannya, akan ada sekira 100.000 posisi yang disediakan.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur KemenpanRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, saat ini pihaknya tengah menghitung kembali jumlah formasi yang sudah diajukan kepada panitia seleksi nasional (Panselnas). Penghitungan akan mempertinbangkan jumlah formasi yang diajukan dengan kebutuhan total dari pegawai yang pensiun.

 Baca juga: 23 Juta Pekerjaan PNS Akan Hilang Tergilas Industri 5.0

Selain itu, pihaknya juga akan mempertimbangkan formasi berdasarkan potensi dari instansi tersebut. Khususnya formasi yang ada didaerah yang mana nantinya akan disesuaikan dengan letak geografis dan potensi ekonomi dari daerah itu sendiri.

 CPNS

"Mohon maaf, kalau mengajukan formasi, Kemepan RB itu kami (harus) melihat potensi-(nya) apa (di daerah tersebut)," ujarnya saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

 Baca juga: BKN Putus 35 Kasus Pelanggaran Disiplin PNS, Hasilnya?

Sebagai salah satu contohnya adalah daerah Bali. Tentunya dalam seleksi CPNS nantinya akan banyak formasi yang konsen di bidang pariwisata.

"Misalnya di Bali, harusnnya SDM yang pariwisata," ucapnya.

 Baca juga: Pendaftaran CPNS 2019, Kini Peserta Tak Perlu Jauh-Jauh ke Jakarta

Contoh lainnya adalah di Kalimantan, yang mana nantinya akan diprioritaskan untuk SDM di bidang pertambangan. Mengingat daerah Kalimantan memiliki potensi ekonomi di bidang Minyak dan Gas Bumi (Migas) hingga Batu Bara.

"Kalimatan misalnya daerah migas dan pertambangan kita harus siapkan SDM yang bisa menjadi mitra dari private sektor," jelasnya.

(rzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini