nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Infrastruktur Jalan Jadi 'Karpet Merah' Pengembangan Pariwisata Super Prioritas

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 14:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 17 320 2118152 infrastruktur-jalan-jadi-karpet-merah-pengembangan-pariwisata-super-prioritas-ZGR4IpL522.jpg Jalan Pendukung Pariwisata Super Prioritas (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut telah melakukan dukungan infrastruktur jalan pada 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan bahwa pihaknya mempunyai peran dalam mendukung pengembangan pariwisata super prioritas.

"Jadi, kami (Bina Marga) berperan dalam meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas infrastruktur jalan untuk memberikan kenyamanan perjalanan wisatawan menuju KSPN Prioritas," ujar dia dalam acara IDX Channel Economic Outlook, dengan tema Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas, di Hotel Le Meridien Jakarta, Kamis (17/10/2019).

 Baca Juga: Rp4,6 triliun Disiapkan untuk Kembangkan 5 Kawasan Pariwisata Super Prioritas

Menurut dia, ada beberapa cara untuk mendukung pengembangan pariwisata. Seperti menghubungkan outlet ke kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau sebagai jalan penghubung antar KSPN. Lalu menghubungkan simpul transfer antarmoda.

Tercatat 25 KSPN Prioritas yang tercantum dalam Rencana Strategis Kementerian Pariwisata 2015- 2019, ditetapkan 10 KSPN Prioritas oleh Kemenko Maritim dan Sumber Daya, dan kemudian dikerucutkan kembali menjadi 5 KSPN Prioritas, lalu difokuskan pada 3 KSPN Prioritas sampai dengan tahun 2019.

 Baca Juga: Jatim Fokus Kembangkan Infrastruktur di Gili Iyang, Labak dan Ijen

"Kami melalui badan pengembangan infrastruktur wilayah sedang menyusun masterplan Pengembangan KSPN Danau Toba, Borobudur dan Mandalika melalui pinjaman dari Bank Dunia," katanya.

 Danau Toba

Dia menambahkan, secara umum Direktorat Jenderal Bina Marga telah mendukung Kawasan Pariwisata Nasional Prioritas melalui tersedianya jaringan jalan nasional (akses menuju pintu gerbang KSPN). Untuk 3 KSPN Proritas yakni KSPN Danau Toba, Borobudur dan Mandalika.

Di mana pihaknya masih menunggu hasil kajian Integrated Masterplan Tourism (IMT) untuk mengembangkan ketiga kawasan tersebut yang didanai dari dana pinjaman World Bank Dalam rangka menyediakan infrastruktur yang baik, dibutuhkan peran serta pihak-pihak lain.

"Di antaranya Pemerintah Daerah maupun Kementerian terkait untuk bersama-sama menyediakan infrastruktur jalan yang baik agar memudahkan para wisatawan dalam mengakses kawasan pariwisata dengan meningkatnya kualitas infrastruktur diharapkan jumlah wisatawan mancanegara maupun domestik dapat meningkat di tiap tahunnya," katanya.

Danau Toba

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini