nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Membangun Hubungan Baik dengan Bos, Harus Pantau Suasana Hati Juga

Delia Citra, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 20:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 18 320 2118675 kiat-membangun-hubungan-baik-dengan-bos-harus-pantau-suasana-hati-juga-djUYP3oRPD.jpg Tenaga Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bos memiliki peran besar dalam jenjang karier kamu. Maka dari itu, sangat penting memiliki hubungan yang baik dengan atasan.

Karena, bos akan mendorong tantangan baru dan membantu menumbuhkan keterampilan kamu serta memberi kamu paparan pada manajemen yang dapat meningkatkan karier kamu. Sedangkan yang buruk dapat menghambat pertumbuhan karir kamu.

 Baca Juga: Hubungan Baik Atasan-Bawahan Bikin Karyawan Betah Bekerja

Untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan atasan, berikut adalah cara untuk memiliki hubungan terbaik dengan atasanmu dilansir dari CNN Business, Jumat (18/10/2019).

1. Bergaul dengan Atasan

Jadi inilah masalahnya, kamu harus bergaul dengan bos kamu. Bos kamu memiliki kekuatan untuk mempromosikan atau memecat kamu, atau menugaskan kamu pada proyek-proyek terkenal. Jadi, demi kepentingan terbaik kamu harus menjalin hubungan yang baik dengan bos kamu.

 Baca Juga: Sikap Positif Bos yang Bisa Bikin Bisnis Melaju Pesat

Jika sebelumnya kamu dan bos kamu tidak memiliki hubungan yang baik, jangan khawatir. Ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk memperbaiki hubungan tersebut. Langkah pertama, berhentilah mengeluh. Karena jika kamu terus menerus mengeluh hal ini akan merusak hubungan dengan atasanmu menjadi lebih jauh. Langkah kedua adalah mulai lebih memperhatikan gaya kerja atasan kamu dan beradaptasi agar lebih sesuai dengan harapan mereka.

 Ilustrasi

2. Bekerja Mengikuti Bos

Semua karyawan pastinya ingin mengesankan atasan, tetapi ketika atasan kamu bekerja sepanjang waktu hal ini tentunya sulit untuk mengikutinya.

Memiliki bos yang gila kerja bisa berarti bekerja berjam-jam dan mengorbankan waktu pribadi untuk memenuhi semua tuntutan. Ini juga dapat menyebabkan kelelahan. Tetapi ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu kamu tidak bisa mengubah bos kamu. Jadi kuncinya adalah menetapkan batas-batas dan menempel padanya.

Apa yang terjadi ketika kamu menerima pesan dari bos kamu pada larut malam atau selama akhir pekan? apakah kamu harus meresponsnya? Inilah cara menangani situasinya. Jika kamu ingin bos kamu terkesan dan baik terhadapmu maka kamu bisa ambil kesempatan tersebut dengan merespons pesan dari atasan kamu.

 Ilustrasi wall street

3. Miliki Manajemen Kuat

Jika kamu berusaha untuk akhirnya naik tangga dan menjadi bos, kamu harus membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan manajemen yang kuat.

Jika saat ini kamu tidak memiliki peran manajemen, kamu masih dapat menyoroti kekampuan kepemimpinan kamu tanpa menginjak kaki siapa pun. Inilah yang dapat kamu lakukan di posisi kamu saat ini untuk menunjukkan kepemimpinan kamu dihadapan bos dan para karyawan lainnya.

4. Suasana Hati

Kuman bukan satu-satunya hal yang dapat menyebar dengan cepat, tetapi emosi juga dapat menyebar dengan cepat. Suasana hati yang buruk tidak hanya mempengaruhi kinerja kamu, tetapi juga dapat mempengaruhi tim kamu.

Emosi negatif dapat mempengaruhi produktivitas, moral dan kualitas kerja dan dapat meningkatkan ketidakhadiran. Inilah cara kamu agar dapat menghentikan penyebaran emosi negatif dan menciptakan tempat kerja yang produktif dan harmonis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini