nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Menteri ESDM, Arifin Tasrif Dulu Olah Pupuk Sekarang Urus Migas

Delia Citra, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 10:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 23 320 2120562 jadi-menteri-esdm-arifin-tasrif-dulu-olah-pupuk-sekarang-urus-migas-K7QVI9n1HW.jpg Minyak Mentah (Reuters)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini sudah mengumumkan secara resmi susunan menteri di Kabinet Kerja Indonesia Maju, Rabu (23/10/2019). Salah satu wajah baru di jajaran menteri ekonomi adalah Arifin Tasrif yang menjadi Menteri ESDM.

Di antara para calon menteri Jokowi, terlihat ada Arifin Tasrif dengan memakai baju batik hadir bersama dengan para calon menteri tersebut. Arifin Tasrif merupakan salah satu mantan duta besar Republik Indonesia untuk Jepang.

 Baca juga: Ada Nomeklatur Baru Kementerian Kabinet Indonesia Maju, Ini Daftar Lengkapnya!

Penelusuran Okezone, Selasa (22/10/2019), pria kelahiran Jakarta, 19 Juni 1953 ini adalah seorang profesional Indonesia. Arifin merupakan seorang perantau Minangkabau yang menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kimia pada tahun 1972.

 Menteri Kabinet Indonesia Maju

Pada tahun 2011, ia menerima Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization), atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia dan regional ASEAN.

 Baca juga: Pekerjaan Rumah Kabinet Indonesia Maju: Perbaikan Koordinasi

Arifin pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia hingga tahun 2015. Dirinya juga merupakan dirut pertama BUMN pupuk setelah holdingisasi yang dilakukan oleh Kementerian BUMN. Oleh Kementerian BUMN, ia ditugaskan untuk mengkoordinasikan produksi dan distribusi lima perusahaan pupuk nasional.

Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya dan PT Petrokimia Gresik. Selain sebagai profesional, Arifin juga terlibat dalam kepengurusan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

 Baca juga: Jadi Menteri ESDM, Arifin Tasrif Punya Harta Rp1,5 miliar

Lalu pada tanggal 13 Maret 2017, dirinya diangkat secara resmi sebagai duta besar Republik Indonesia untuk Jepang oleh Presiden Joko Widodo. Dubes RI Jepang Arifin telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Kaisar Akihito di Istana Kekaisaran Tokyo pada tanggal 22 Juni tahun 2017.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi memilih Arifin Tasrif sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Ignasius Jonan.

(rzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini