Budi Gunadi Sadikin Jadi Wamen BUMN, Jokowi: Bankir Pengalaman

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 25 320 2121646 budi-gunadi-sadikin-jadi-wamen-bumn-jokowi-bankir-pengalaman-qrr1CwlpdI.jpg Budi Gunadi Sadikin Jadi Wamen BUMN (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan 12 wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Salah satunya yang menjabat sebagai Wamen BUMN yakni Budi Gunadi Sadikin hingga Kartika Wirjoatmodjo

"Budi Gunadi Sadikin jadi Wakil Menteri BUMN. Saya sudah enggak perlu jelaskan, beliau bankir berpengalaman," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

 Baca Juga: Erick Thohir Ajukan 34 Nama Calon Wakil Menteri BUMN, Keputusan di Tangan Jokowi

Budi Gunadi Sadikin pernah menjadi Dirut PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI). Dengan pengalaman Budi, Jokowi menyakini Budi dapat mengelola aset 142 BUMN yang mencapai Rp8.400 triliun.

"Portofolio di BUMN besar sekali. Kita memiliki 140-an BUMN dengan aset Rp8.400 triliun, memberlukan pengelolaan yang sangat baik, pengawasan kontrol yang sangat baik, sehingga menjadi sebuah aset yang semakin meningkat dan memberikan kontribusi yang baik kepada bangsa dan negara," kata Jokowi.

 Baca Juga: Erick Thohir Butuh 3 Wamen di BUMN, Salah Satunya Bos Bank Mandiri

 Wakil Menteri

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka peluang merekrut jabatan wakil menteri. Dirinya memberi sinyal bisa saja ada lebih dari satu wakil menteri yang akan membantu tugasnya di Kementerian BUMN.

Alasannya mengapa ada lebih dari satu wakil menteri karena tugas di Kementerian BUMN cukup berat.. Ada banyak sekali perusahaan BUMN yang harus diperhatikan satu per satu.

Tercata ada 142 BUMN dari berbagai sektor. Dari jumlah tersebut, dirinya akan fokus membenahi perusahaan yang dinilai belum optimal dalam hal kinerja.

Wakil Menteri

Ditambah lagi, Presiden Joko Widodo memberikan kebebasan kepada para menteri untuk menunjuk dan memilih jumlah wakil menteirnya masing-masing. Jokowi menawarkan untuk memberikan lima wakil menteri kepada Erick Thohir.

"Ya kalau 142 (perusahaan) bisa dua (Wamen) bisa tiga. Bahkan Pak Presiden bilang kalau perlu lima ya dikasih, tapi kan kita lihat lah. Kan di sini ada juga Pak Sesmen, deputi udah ada tugasnya sinkronisasi," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini