nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Edhy Prabowo Jadi Menteri KKP, Penenggelaman Kapal Bakal Disetop?

Delia Citra, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 08:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 25 320 2121661 fakta-edhy-prabowo-jadi-menteri-kkp-penenggelaman-kapal-bakal-disetop-OG7PA1k0g6.jpg Menteri KKP Edhy Prabowo. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2019-2024. Dirinya menggantikan menteri sebelumnya Susi Pudjiastuti.

Pada 23 Oktober 2019, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti telah melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) kepada Edhy Prabowo. Edhy pun resmi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang baru.

Baca Juga: Erick Thohir Punya 2 Mantan Dirut Bank Mandiri yang Jadi Wamen BUMN

Okezone merangkum fakta-fakta mengenai Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP, Minggu (27/10/2019).

1. Edhy Prabowo Punya Kekayaan Rp4,56 Miliar

Wakil Ketua Umum Gerinda Edhy Prabowo resmi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang baru. Edhy Prabowo mempunyai kekayaan sebesar Rp4,56 miliar per tanggal 31 Desember 2018.

Sertijab Menteri KKP

Edhy Prabowo mempunyai 9 bidang tanah atau bangunan. Di mana, tanah dan bangunan seluas 462 m2/175 m2 di Bandung senilai Rp362 miliar menjadi yang termahal.

Dirinya memiliki 3 kendaraan, 1 mobil dan 2 motor atas nama dirinya. Edhy memiliki mobil Mitsubishi Pajero Sport Jeep tahun 2011 seharga Rp480 juta. Sementara itu, dirinya mempunyai motor Yamaha RX-King tahun 2002 seharga Rp6,5 juta. Satu lagi, motor honda Beat tahun 2009 seharga Rp10 juta.

Baca Juga: Budi Gunadi Sadikin Jadi Wamen BUMN, Jokowi: Bankir Pengalaman

Dirinya mempunyai harta bergerak lainnya Rp143,9 juta. Sementara itu, kas dan setara kas dirinya memiliki hingga Rp2,29 miliar. Harta terbesarnya terdapat dari harta lainnya hingga mencapai Rp4,73 miliar. Sementara itu dirinya tidak mempunyai surat berharga. Hingga akhir 2018, Edhy mempunyai utang hingga Rp165,33 juta.

2. Edhy Prabowo Bakal Stop Penenggelaman Kapal?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan susunan kabinetnya di Istana Merdeka, Jakarta. Salah satu yang menjadi masuk kabinet Indonesia Maju yakni Edhy Prabowo yang akan menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Susi Pudjiastuti.

Edhy Prabowo mengatakan akan mempelajari dulu tentang KKP yang nantinya disampaikan apa yang akan menjadi targetnya. Dirinya pun akan mengkaji kembali cara Susi Pudjiastuti dalam penenggelaman kapal.

"Begini, penenggelaman kapal itu kan saya pikir selama itu baik kita teruskan, tapi jangan asal menenggelamkan. Karena ada masukan, kita harus lihat semua," ujar dia di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Menurut dia, banyak cara yang dilakukan untuk memberikan efek jera pada kapal ilegal. Tidak hanya penenggelaman kapal.

3. Edhy Prabowo Salah Sebut

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti telah melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) kepada Edhy Prabowo. Edhy pun resmi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang baru.

Dalam acara sertijab, ada hal yang membuat pegawai KKP tertawa lepas. Di mana Edhy Prabowo kelepasan menyebut Susi Pudjiastuti Menteri KKP periode 2019-2024.

Tapi belum selesai dia bicara, dia tersadar dan kembali meralat ucapannya.

"Jadi, yang kita hormati, sama-sama kita banggakan Ibu Susi Pudjiastuti sebagai Menteri KKP periode 2019 sampai dua ribu, oh iya saya menterinya. Maksud saya periode 2019 dari periode 2014," ujar dia Edhy yang membuat para pegawai KKP tertawa di Gedung Mina Bahari III KKP Jakarta, Rabu (23/10/2019).

4. Menteri KKP Tetap Susi Pudjiastuti

Dalam serah terima jabatan, Edhy mengaku akan tetap melanjutkan apa yang telah dikerjakan Susi Pudjiastuti dalam lima tahun terakhir.

"Saya akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan Bu Susi, karena lima tahun ini saya melihat teman-teman KKP terus bekerja yang tidak ada henti-hentinya," ujarnya, di Kementerian KKP, Rabu (23/10/2019).

Kinerja Susi ini pun tak luput dari pantauan Edhy Prabowo. Di mana sebelumnya Edhy merupakan Ketua Komisi IV, mitra kerja Menteri Susi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Terima kasih atas capaian Ibu Susi. Menteri KKP tetap ibu, saya hanya penggantinya ibu," ujarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini