Politisi Jadi Wamen, Menteri Basuki: Sudah Mengenal Birokrasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 25 320 2121785 politisi-jadi-wamen-menteri-basuki-sudah-mengenal-birokrasi-7GpD0BD5Mg.jpg Basuki soal Wamen PUPR (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Wempi Wetipo ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakayat (PUPR) selama lima tahun ke depan. Nantinya Wempi akan mendampingi dan membantu Menteri PUPR untuk membangun infrastruktur selama lima tahun kedepan.

Sebenarnya Wamen ini di luar dari ekspektasi dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pasalnya dalam wawancara sebelumnya, Basuki menginginkan seorang wamen profesional, sedangkan yang dipilih merupakan seorang politisi dari Partai PDI Perjuangan.

Meskipun begitu, Basuki Hadimuljono mengaku tidak mempermasalahkan masalah tersebut. Justru menurutnya, dengan masuknya Wempi Wetipo bisa lebih membantu dalam pembangunan infrastruktur di wilayah timur Indonesia.

“Saya kira ini Menteri dan Wamen itu political of point jadi saya kira mudah-mudahan tidak masalah. Beliau juga birokrat kan beliau dari bupati jadi saya kira sudah mengenal birokrasi,” ujarnya saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

 Kabinet Indonesia Maju

Menurut Basuki, dengan adanya wakil Menteri diharapkan pembangunan infrastruktur bisa lebih baik dan cepat. Khususnya di wilayah timur Indonesia seperti Papua yang mana pembangunan infrastruktur masih perlu dilakukan percepatan.

“Waktu beliau di sini yang saya dengarkan begitu untuk fokus di Indonesia Timur,” ucapnya.

Mengenai pembagian tugas lanjut Basuki, tidak ada pembagian khusus yang dilakukan antara Menteri dengan Wakil Menteri. Nantinya baik itu dalam hal pengawasan ataupun tugas lainnya, akan dilakukan secara fleksibel

“Saya kira enggak terlalu tegas gitu yah, kerja kan enggak perlu 'eh kamu di sana saya di sini', enggak perlu begitu. Saya kira fleksibilitas juga, kalau terlalu strick juga nanti tidak akan lancar, jadi fleksibilitas, kami punya good of conduct-nya ada,” jelasnya.

 Kabinet Indonesia Maju

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini