Salah Satu Bank Terbesar di AS PHK 200 Pekerjanya

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 320 2122668 salah-satu-bank-terbesar-di-as-phk-200-pekerjanya-nuFC1kL0Dm.jpg PHK (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Wells Fargo & Co memberhentikan lebih dari 200 bankir di divisi peminjaman AS dalam beberapa bulan terakhir. Bank terbesar keempat di Amerika Serikat ini melakukan PHK karena harus merestrukturisasi beberapa unit bisnisnya.

Sebagian besar PHK dilakukan di bank komersial Wells Fargo dan banyak memengaruhi timnya yang memberikan pinjaman kepada petani. Bank juga telah melakukan pemotongan pada kelompok peminjam energi. Energi dan pertanian adalah dua portofolio terbesar yang dimiliki perusahaan.

Baca Juga: Setelah PHK 540 Karyawan, Zomato Fokus di Konten Video

Perwakilan untuk Wells Fargo mengkonfirmasi PHK tetapi tidak menguraikan berapa banyak bankir sektor pertanian yang diberhentikan, dilansir dari Reuters, Senin (28/10/2019).

Perusahaan ini memiliki sekitar 6.000 bankir komersial di Amerika Serikat. Wells Fargo berencana untuk membuat kelompok bankir pertanian yang lebih kecil di salah satu hub terpusat baru yang akan bekerja dengan pelanggan.

Dengan lebih sedikit bankir di pasar lokal, beberapa perusahaan kecil dan keluarga petani kemungkinan akan perlu menemukan pemberi pinjaman baru, kata sumber Reuters.

phk

Wells Fargo adalah pemberi pinjaman bank terbesar ke sektor pertanian AS, menurut American Bankers Association. Seorang eksekutif Wells Fargo mengatakan kepada Reuters bahwa bank bermaksud mempertahankan posisi itu dan belum ada langkah strategis untuk mengurangi paparan. Langkah itu dilakukan karena bank komersial ingin menyelaraskan sumber daya untuk lebih melayani klien yang melakukan lebih banyak bisnis dengan bank.

Bank tersebut saat ini merekrut bankir pertanian di pasar seperti California, Wyoming dan Idaho, kata seorang juru bicara bank. Setelah perekrutan total pengurangan untuk tim akan menjadi 5%.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini