Harga Minyak Akhirnya Turun Akibat Meningkatnya Stok di AS

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 29 320 2122937 harga-minyak-akhirnya-turun-akibat-meningkatnya-stok-di-as-GQY7Byp6tU.jpg Harga Minyak Turun (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

NEW YORK - Harga minyak turun pada perdagangan Senin, setelah naik empat hari berturut-turut. Hal ini karena ekspektasi stok minyak mentah AS akan naik dan kekhawatiran tentang data industri China yang lemah mengimbangi permintaan minyak akan meningkat jika pembicaraan kemajuan pada kesepakatan perdagangan China-Amerika.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Terus Naik Usai Sinyal Perdamaian AS-China

Brent turun 45 sen, atau 0,7%, menjadi USD61,57 per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 85 sen, atau 1,5%, menjadi USD55,81. Demikian dikutip dari Reuters, Selasa (29/10/2019).

Kilang Minyak

Mengutip data perusahaan intelijen pasar Genscape, setelah naik selama tiga minggu berturut-turut, stok minyak mentah AS di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk WTI, telah meningkat sekitar 1,5 juta barel dalam seminggu hingga 25 Oktober. Total persediaan minyak mentah AS diperkirakan telah meningkat sekitar 700.000 barel minggu lalu.

Baca Juga: AS-China Segera Damai, Indeks S&P 500 Cetak Rekor Tertinggi

Sementara itu, kuntungan industri di China turun dalam dua bulan berturut-turut pada September karena harga produsen terus merosot. Kemudian menyoroti dampak perlambatan ekonomi dan berlarut-larutnya perang perdagangan AS di neraca perusahaan.

Ritterbusch mengatakan data ekonomi Tiongkok yang negatif kemungkinan sudah dimasukkan ke dalam harga dan diimbangi oleh optimisme mengenai keberhasilan pembicaraan perdagangan AS-Tiongkok.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini