nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Pembangunan-Pembangunan di Tanah Papua

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 04 November 2019 03:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 03 320 2125238 intip-pembangunan-pembangunan-di-tanah-papua-snZQAPI6rN.jpg Bandara (Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah tengah gencar membangun berbagai infrastruktur di pulau paling ujung Indonesia tersebut. Adapun diantaranya di sektor perhubungan udara akan dibangun dan dikembangkan 10 Bandara.

Masing-masing 6 Bandara di Provinsi Papua yaitu Bandara Ewer, Bandara Kepi, Bandara Ilaga, Bandara Oksibil, Bandara Nabire Baru dan Bandara Mopah dan 4 Bandara di Provinsi Papua Barat yaitu Bandara Rendani Manokwari, Bandara Waisai Raja Ampat, Bandara Wasior Baru, dan Bandara Baru Siboru Fak-fak.

Di sektor perhubungan laut akan dibangun sejumlah pelabuhan yaitu, Pelabuhan Depapre, Pelabuhan Nabire, Pelabuhan Pomako, Pelabuhan Moor, dan Pelabuhan Serui untuk Provinsi Papua serta Pelabuhan Kaimana di Provinsi Papua Barat. Menurut Menhub Budi Karya, pemerintah akan terus membangun infrastruktur di seluruh pelosok, khususnya di desa, daerah pinggiran dan perbatasan guna memperkuat konektivitas nasional

 Holtekamp

Sementara itu, di perhubungan darat akan dilakukan pula pembangunan yaitu Terminal Bus Entrop di kota Jayapura, Papua, dermaga bus air di Danau Sentani, Fasilitas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw Kabupaten Jayapura yaitu penyediaan bus dan bus air.

Pembangunan pun akan dilakukan di kawasan Pegunungan Arfak. Hal itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pegunungan Arfak, Papua Barat. Selain itu, Jalan Trans di Provinsi Papua Barat sepanjang 1.071 km telah tersambung dan terus ditingkatkan kondisinya.

 

Baca Selengkapnya: Fakta Pembangunan Infrastruktur Papua, dari 10 Bandara Baru hingga Pegunungan Arfak

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini