nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani ke Anak SD 'Uang Negara Itu dari Mana Ya?', Jawabannya Mengejutkan

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 04 November 2019 10:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 04 20 2125394 sri-mulyani-ke-anak-sd-uang-negara-itu-dari-mana-ya-jawabannya-mengejutkan-H2WiIDyv8P.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan kegiatan mengajar ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Kwitang Jakarta Pusat, hari ini. Kedatangan Sri Mulyani pun untuk memberikan pemahaman dasar kepada anak-anak mengenai pengelolaan keuangan negara.

Baca Juga: Sri Mulyani Tanya ke Anak SD: Siapa Presiden Indonesia?

Kepada para siswa, Sri Mulyani menjelaskan, bahwa di negara manapun ada instansi pemerintah yang tugasnya adalah mengurusi keuangan negara. Dia menjelaskan, yang memiliki peran mengelola keuangan negara adalah Kementerian Keuangan.

"Semua membutuhkan dana untuk pembangunan negara dan menteri keuangan negara saat ini orangnya ada di sini," kata dia kepada para siswa di lokasi, Jakarta, Senin (4/11/2019).

sri mulyani

Sri Mulyani juga memberikan kepada para siswa terkait dasar tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan. Dirinya pun memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bertanya.

"Jadi, apabila Menkeu tugasnya kelola keuangan negara, itu uangnya kira-kira dari mana ya?" tanya Sri Mulyani kepada para siswa.

Secara mengejutkan, para siswa pun kompak menjawab dengan beragam macam. "Jual beli. Pajak. Cukai Bu," jawab anak-anak. Meski masih duduk di bangku sekolah dasar, namun mereka mengenal pajak dan cukai.

sri mulyani

Dengan jawaban tersebut, kemudian Sri Mulyani memberikan pertanyaan kembali kepada mereka. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menanyakan pajak yang dihasilkan tersebut berasal dari pungutan pajak apa saja.

Jawabannya lebih mengejutkan. Ternyata mereka paham mengenai pajak rokok.

"Pajak rokok, mobil, rumah," kata para siswa kompak.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini