nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani: Anak SD Tak Ingin Jadi Dirjen Pajak, Tapi Youtuber

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 04 November 2019 12:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 04 20 2125448 sri-mulyani-anak-sd-tak-ingin-jadi-dirjen-pajak-tapi-youtuber-p2N6UatQBJ.jpg Anak SD Ingin Jadi Youtuber (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa para siswa kelas 6A di Sekolah Dasar (SD) 01 Kenari, Kwitang, Jakarta Pusat, banyak yang tidak berminat menjadi Direktur Jenderal Pajak ataupun Menteri Keuangan.

Hal itu dia ungkapkan setelah melakukan kegiatan mengajar para siswa-siswi kelas 6a di Sekolah Dasar (SD) Kenari I, Kwitang, Jakarta Pusat, hari ini.

"Tadi ditanya mau jadi Dirjen Pajak, mau jadi Menteri Keuangan? Tak mau mereka, mereka maunya jadi Youtuber, jadi atlet internasional, jadi pilot jadi pengusaha sukses," ujar Sri Mulyani, Senin (4/11/2019).

 Baca Juga: Sri Mulyani Nantikan Peran Nadiem Makarim di Dunia Pendidikan RI

Menurut dia, para siswa sekolah dasar tersebut ternyata mengetahui tentang pengelolaan keuangan negara. Salah satunya terkait penerimaan pajak.

"Jadi saat, saya tanya tentang pajak dia tahu. Bahkan para siswa melakukan role playing atau permainan peran untuk mengelola keuangan negara," ungkap dia.

 Baca Juga: Sri Mulyani ke Anak SD 'Uang Negara Itu dari Mana Ya?', Jawabannya Mengejutkan

Dia menjelaskan lewat permainan peran tersebut terlihat ada diskusi yang menarik terkait perlunya membayar pajak di antara anak-anak. Di mana ada siswa mengatakan tidak perlu membayar pajak. Namun ternyata lebih banyak yang mengatakan perlu membayar pajak.

"Saya ditanya kenapa kok kalian harus bayar? Ya, ‘untuk kepentingan bersama’, itu solidaritas yang luar biasa, keluar spontan dari mereka," pungkas dia.

 Sri Mulyani

Sri Mulyani Harap Anak SD Bayar Pajak

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap kepada para siswa SD bisa paham kewajibannya sebagai warga negara.

"Salah satu harapannya yakni membayar pajak untuk melanjutkan pembangunan yang nantinya digunakan bersama. Jadi negara Indonesia untuk bisa maju kita kumpulkan sumber daya melalui keuangan negara yang harus diurus dengan baik," ujar Sri Mulyani.

Menurut dia, pembelajaran ini penting diberikan sejak dini. Di mana nantinya semua anak-anak tersebut bisa mencintai Indonesia dan punya jiwa membangun bersama.

"Para siswa ini, harus mengenal bahwa negara ini adalah negara kita berdaulat, merdeka maka harus diurus oleh kita sendiri," ungkap dia.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan, peranan pendidikan itu kunci untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik. Oleh karenanya, Kemenkeu akan mendukung upaya perbaikan bidang pendidikan dan pengelolaan SDM secara umum.

"Namun, tidak hanya pendidikan, tapi di kesehatan, pengurangan kemiskinan dan penciptaan kesempatan kerja," kata Sri Mulyani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini