nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Ciri Orang Boros, Kamu Termasuk Nggak?

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 06:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 04 320 2125574 7-ciri-orang-boros-kamu-termasuk-nggak-pRSTvvjt6X.jpg Trik Hemat (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Hidup hanya mengandalkan gaji memang tidak selalu menyenangkan, karena kebutuhan tidak selalu terpenuhi. Banyak biaya atau tagihan yang harus dibayarkan. Ada banyak cara kamu bisa membuang-buang uang dan kamu tidak menyadarinya. Berlangganan layanan streaming yang tidak kamu gunakan mungkin akan menguras rekening bank kamu.

Tidak hanya itu, makan lebih banyak di luar, belanja online untuk barang-barang yang tidak kamu butuhkan dan membayar biaya bank tinggi juga merupakan hal yang bisa membuang uang kamu.

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Berikut adalah tujuh tanda bahwa kamu hidup boros dilansir dari Business Insider:

1. Belanja untuk isi Kulkas

Banyak yang tidak sadar mengeluarkan anggaran besar untuk mengisi kulkas. Agar tidak mubazir langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu harus merencanakan terlebih dahulu berapa kali kamu harus memasak di rumah. Rencanakan juga apa yang akan kamu masak selama seminggu, buat menu mingguan, dan hanya membeli apa yang kamu butuhkan untuk minggu itu.

kulkas

2. Berbelanja online barang yang tidak dibutuhkan

Belanja online dengan banyak diskon merupakan hal yang menggoda. Sebelum kamu berbelanja online, pastikan terlebih dahulu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. Karena jika kamu membeli barang yang tidak penting dan tidak dibutuhkan hal tersebut akan membuang-buang uang kamu.

3. Berlangganan gym tetapi jarang digunakan

Jika kamu daftar keanggotaan gym tetapi kamu tidak fitnes, hal ini akan membuat uang kamu menjadi sia-sia. Jika kamu ingin menghemat uang dan tidak membuangnya secara sia-sia mulailah berolahraga yang ringan yang tidak harus membayar apapun dengan cara naik-turun tangga daripada naik lift, dan memilih parkir mobil di ujung agar bisa jalan kaki.

4. Pemilihan bank

Sebelum memilih bank atau credit union kamu, baca cetakan kecil di materi pemasaran mereka dan ajukan pertanyaan. Apakah gaji kamu disetorkan secara otomatis? Apakah ada biaya untuk menggunakan ATM di luar jaringan mereka? Berapa banyak bunga yang akan mereka bayarkan pada sertifikat deposito? Sebagai pelanggan, kita harus mencari keuntungan terbaik dan biaya terendah dari bank.

5. Rak buku penuh tapi belum pernah dibaca

Agar kamu tidak boros membeli buku yang bahkan tidak dibaca, lebih baik kamu menggunakan layanan pinjaman di perpustakaan sehingga kamu dapat mengekses koleksi buku cabang-cabang lain di negara lain secara gratis. Kamu juga bisa mengakses buku elektronik di handphone kamu dengan ini kamu bisa hemat dan tidak akan membuang-buang uangmu.

rak buku

6. Menggunakan mobil untuk bekerja

Menggunakan mobil sendiri untuk pergi bekerja tentunya ini akan membuat kamu boros. Karena harus ada biaya tambahan yang harus dibayar yaitu bensin. Agar kamu tidak mengeluarkan uang yang besar solusinya yaitu kamu bisa menggunakan transportasi umum. Karena, transportasi umum saat ini sudah banyak mulai dari transportasi online, KRL, dan lain-lain.

7. Membayar konten yang tidak kamu tonton

Hulu, Netflix, HBO, Starz, Amazon Prime, CBS All Access, dll. Ada begitu banyak pilihan dan harganya sangat mahal. Layanan tersebut dapat mengambil lebih dari USD100 atau lebih dari anggaran kamu setiap bulan. Itu belum termasuk membayar uang akses internet. Hal inilah yang membuat kamu boros dan dapat membuang-buang uang kamu secara tidak sadar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini