nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Impar Impor Senangnya Kita, Setoplah

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 12:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 06 320 2126379 jokowi-impar-impor-senangnya-kita-setoplah-vhw5RHPP8t.jpg Jokowi soal Impor (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto agar bisa memprioritaskan produk dengan komponen lokal atau UKM masuk ke dalam belanja pengadaan barang dan jasa yang dilakukan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

 Baca Juga: Presiden Jokowi: Masa Beli Cangkul Saja Impor?

Hal tersebut diungkapkan Jokowi pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 di JCC Jakarta, hari ini

"Jadi, persulit barang impor itu. Impar-impor senangnya kita, setoplah. Ini duit APBN dan APBD. Prioritaskan benar bahwa harga murah bukan patokan utama. Murah kalau diperoleh dengan cara impor saya lebih senang kalau kita beli barang lokal meski harganya sedikit lebih mahal," kata dia, Rabu (6/11/2019).

 Baca Juga: Sri Mulyani 'Sentil' 328 Importir Bermasalah

Menurut dia, fasilitasi barang-barang yang produk dalam negeri dan secepatnya bisa masuk e-catalog di LKPP. Usaha Kecil Menengah (UKM) segera masuk e-catalog.

"Contohnya kayak cikrak. Tapi jangan hanya cikrak. Barang lain yang dibutuhkan masukan. Semua ada proses. Tak mungkin kualitasnya semuanya pada level yang tinggi. Kita ingin hidupkan ekonomi kita," katanya.

 Rakornas Pengadaan Barang

Dia juga menegaskan bahwa aturan e-catalog pada LKPP jangan persulit produk dalam negeri, sehingga produk nasional menjadi tuan rumah di negara sendiri. Kalau ada aturannya ubah aturannya.

"Aturan yang buat kita kok. Permudah aturannya, gampangkan aturannya. ini nanti sebentar lagi kita buat omnibus law. 74 UU kita langusng revisi kita ajukan ke DPR RI untuk dapat persetujuan. Semuanya untuk permudah, percepat. Menggampangkan memudahkan kita," ungkap dia.

 Rakornas Pengadaan Barang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini