nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Jakarta-Tangerang, Tahun Ini Akan Ada 3 Ruas Tol yang Tarifnya Naik

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 19:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 06 320 2126620 selain-jakarta-tangerang-tahun-ini-akan-ada-3-ruas-tol-yang-tarifnya-naik-SjtIEPAa5q.jpg Gerbang Tol (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut akan ada tiga ruas tol lagi yang akan naik tahun ini. Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), Tol Mojokerto-Kertosono, dan Tol Makassar seksi IV.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, ketiga ruas tol tersebut saat ini sedang dalam proses untuk dilakukan penyesuaian. Saat ini tarifnya tinggal menunggu pengesahan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

 Baca juga: Tarif Tol Jagorawi Bakal Naik Rp500?

Jika jadi naik maka ketiga ruas tol ini akan menyusul tol Jakarta-Tangerang yang sebelumnya sudah naik. Tarif tol Jakarta-Tangerang sendiri sudah ditetapkan naik pada 2 November lalu

 Jalan Tol

"Mojokerto-Kertosono sedang dalam proses, sudah di meja pak menteri dan kita tunggu beliau tandatangan penyesuaian tarif. Di pipeline banyak, tidak hanya 3 itu," ujarnya saat ditemui di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/112019).

 Baca juga: Penampakan Tol Manado-Bitung Rp9 Triliun dengan Jembatan Rp500 Miliar

Menurut Danang, kenaikan tarif berkisar diangka 2,5% sampai 3,5%. Hal itu dengan memperhitungkan tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi saat ini.

"Kalau dilihat inflasi kan sekitar 3 persen, lalu pertumbuhan ekonomi 5 persen," ucapnya.

 Baca juga: Pemeliharaan Jalan Tol Jagorawi Ditargetkan Selesai di Desember, Ini Jadwalnya!

Sebenarnya lanjut Danang, pada tahun ini ada sekitar 19 ruas tol yang harus disesuaikan tarifnya. 19 ruas tol tersebut meliputi, Jakarta-Tangerang, Jakarta-Bogor-Ciawi, Kertosono-Mojokerto, Makassar Seksi IV, Cikampek-Palimanan, Gempol-Pandaan, Tangerang-Merak, dan Surabaya-Mojokerto.

Selain itu, Palimanan-Kanci, Semarang Seksi A-B-C, Tomang-Grogol-Pluit, Tomang-Cawang, Cawang-Tj Priok-Pluit, Pondok Aren-Serpong, Belawan-Medan-Tj Morawa, Makassar Seksi I-II, Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Surabaya-Gempol, dan Soreang-Pasir Koja.

Hanya saja, yang akan naik pada tahun ini hanya empat ruas terlebih dahulu. Termasuk di dalamnnya adalah ruas tol Jakarta-Tangerang yang baru saja naik beberapa waktu lalu.

"Di pipe line banyak, tidak hanya 3 itu sampai akhir ada yang cukup jelas angka 17, 21 krn ada beberapa yang dalam 1 periode bersama-sama penyesuaian. Jadi sekali jalan bisa beberapa ruas," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini