nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Umumkan Hasil Investigasi Blackout, Listrik Kantor Ombudsman Justru Padam

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 19:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 07 320 2127101 umumkan-hasil-investigasi-blackout-listrik-kantor-ombudsman-justru-padam-WmqKWR13tD.jpg Ilustrasi Listrik Padam. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Ombudsman membeberkan hasil temuan tentang penyebab pemadaman listrik total (blackout) yang terjadi di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten pada awal Agustus lalu. Namun, ada hal unik saat kantor Ombudsman justru tiba-tiba padam.

Baca Juga: Agar Blackout PLN Tak Terulang Lagi, Begini Rekomendasi Ombudsman

Pantauan Okezone, saat menggelar konferensi pers tersebut di Gedung Ombudsman, tiba-tiba padam. Bahkan setelah konferensi pers selesai, Gedung Ombudsman kembali padam sebanyak dua kali.

Listrik PLN

Meski demikian, Ombudsman mengungkap hasil temuan faktor penyebab pemadaman listrik total (blackout) yang terjadi di wilayah Jawa Barat DKI Jakarta dan Banten pada awal Agustus lalu.

Baca Juga: Hasil Investigasi Blackout, PLN Dinyatakan Lalai

Anggota Ombudsman Laode Ida mengatakan bahwa dari hasil investigasi dilakukannya. Ditemukan adanya maladminitrasi atau kelalaian yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"PLN melakukan kelalaian dalam pemeliharaan dan pengawasan terhadap pohon yang telah melewati jarak bebas minimum di sepanjang jalur transmisi," ujar dia.

Dia menjelaskan, temuan lain, PLN juga melakukan penyimpangan prosedur dalam pengoperasian Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Pemalang yang menjadi faktor utama pemadaman total (blackout) pada tanggal 4 Agustus 2019.

"Dan PLN tidak optimal dalam proses antispasi terjadinya blackout," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini