nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag Kejar Fasilitas Bea Masuk 0% dari AS Sebelum Akhir Tahun

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 20:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 08 320 2127608 mendag-kejar-fasilitas-bea-masuk-0-dari-as-sebelum-akhir-tahun-slQ7OODTeF.jpg Kontainer (Reuters)

JAKARTA – Kementerian Perdagangan tengah mengejar penyelesaian fasilitas bea masuk 0% Generalized System of Preferences (GSP) dari Amerika Serikat (AS). Targetnya fasilitas bagi eksportir Indonesia tersebut bisa mulai dinikmati pada akhir tahun.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan, akan mempercepat proses penyelesaian perundingan tersebut Kemendag akan mengirim tim ke AS pada bulan ini. Hal itu sekaligus merespons kunjungan Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross ke Indonesia pada beberapa hari yang lalu.

 Baca juga: Nuklir Bisa Bikin Ekspor Buah Kian Moncer, Begini Caranya!

"Kami akan mengirimkan tim terkait GSP AS, dan ini berdasarkan pertemuan dengan Menteri Perdagangan AS dengan Bapak Presiden (Joko Widodo), sudah disepakati," katanya dalam konferensi pers di Kantor Kemendag, Jumat (8/11/2019).

 Kontainer

Menurutnya, pihak pemerintah AS bahkan menginginkan perundingan bisa rampung sebelum Hari Raya Natal alias 25 Desember 2019.

 Baca juga: Ekspor Nikel Distop, Kepala BKPM Heran Masih Ada Pengusaha yang Ribut

"Memang ini sangat segera. Respons AS positif, mereka inginkan cepat sebelum natal, jaei sebagai hadiah natal. Mudah-mudahan ini lancar," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, dirinya akan memimpin secara langsung delegasi tim Indonesia yang bakal pergi ke AS. Memang dalam pembagian tugas dengan, Agus, dirinya bertanggung jawab terkait perjanjian perdagangan internasional.

"Dalam waktu dekat ini saya akan memimpin delegasi ke AS dalam rangka menguatkan dan memberi hal-hal kesepakatan ke depannya," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini