nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

71 Aturan Dipangkas untuk Bikin UU Cipta Lapangan Kerja

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 11 November 2019 20:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 11 320 2128553 71-aturan-dipangkas-untuk-bikin-uu-cipta-lapangan-kerja-ZnfcQE3q89.jpg 71 Aturan Dihapus (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pihaknya mulai menggodok Rancangan Undang-Undang (RUU) omnibus law terkait dengan perizinan berusaha, penciptaan lapangan kerja, pemberdayaan usaha mikro kecil, dan ketenagakerjaan.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuat Undang-undang (UU) besar yakni UU Cipta Lapangan kerja dan UU Pemberdayaan UMKM. UU itu akan dibuat dengan skema omnibus law.

"Kita lihat ada 71 UU yang akan dihabiskan untuk membentuk satu omnibus law Cipta Lapangan kerja tersebut," ujar dia di kantornya Jakarta, Senin (11/11/2019).

 Baca Juga: Rapat soal Omnibus Law, Sri Mulyani Cs "Serahkan" ke Menko Airlangga

Menurut dia, isi dari omnibus law tersebut yang dibahas dengan Jokowi sore tadi yakni ekosistem investasi dan juga administrasi pemerintahan. Di man dua hal itu termasuk dalam UU Cipta Lapangan Kerja.

"Jadi kita sudah laporkan kepada Pak Presiden, dibahas mengenai kontennya yang antara lain terkait dengan ekosistem investasi, administrasi pemerintahan," ungkap dia.

 Baca Juga: Presiden Jokowi Mulai Pangkas Eselon IV di Kementerian

Kemudian, lanjut dia, pihaknya juga membahas dengan regulasinya bahwa regulasi ini berbasis administrative law, menjadi bukan berbasis pidana. "Jadi berbasis perdata, denda, dan sebagainya," ungkap dia.

 Airlangga

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini