nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Januari 2020, Jokowi Terbitkan Daftar Positif Investasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 11 November 2019 20:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 11 320 2128558 januari-2020-jokowi-terbitkan-daftar-positif-investasi-p9kDvH3sJU.jpg Daftar Positif Investasi Segera Terbit (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan menerbitkan daftar positif (positive list) investasi pada Januari 2020.

"Pemerintah akan mengeluarkan positif list di bulan Januari. Di mana daftar positif tersebut merupakan daftar prioritas investasi yang dilakukan di Indonesia," ujar dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (11/11/2019).

 Baca Juga: Kini Investor Bisa Lihat Langsung Potensi dan Lokasi Investasi Secara Digital

Menurut dia, Daftar Negatif Investasi (DNI) yang selama ini sedang dalam tahap pembahasan tetap akan dimasukkan dalam Peraturan Presiden (Perpres). Sedangkan, daftar positif investasi akan menjadi acuan investasi apa saja yang diperbolehkan di Indonesia dan berada dalam aturan khusus.

"Jadi, apabila DNI kan domainnya ada di Perpres. Tapi basic yang negatif itu ada di omnibus law apa yang dilarang, yang dilarang berdasarkan konvensi internasional. Tapi di luar itu ada positive list, ada white list, ada yang mungkin harus dipersyaratkan khusus. Contohnya, harus ada kerja sama dengan usaha kecil dan menengah," ungkap dia.

 Baca Juga: 71 Aturan Dipangkas untuk Bikin UU Cipta Lapangan Kerja

Dia menjelaskan, daftar positif investasi ini nantinya berisikan investasi yang tidak banyak menggunakan bahan baku impor atau bisa mengkonversikan kebutuhan impor Indonesia selama ini.

"Daftar positif investasi tersebut nantinya juga akan beroperasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta dipertimbangkan mendapat tax holiday. Kan prioritas kita substitusi impor, jadi kita tahu komoditas yang impornya tinggi, itu yang akan prioritas dan ada namanya fasilitas tax holiday," pungkas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini