nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Jadi Anak Buah"Daendels"? Kementerian PUPR Buka 1.048 Formasi CPNS

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 16:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 320 2128914 mau-jadi-anak-buah-daendels-kementerian-pupr-buka-1-048-formasi-cpns-gejgkwLrDE.jpg PUPR Buka Lowongan CPNS (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Punya impian untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR)? Nantinya, kamu akan bisa bekerja bersama Menteri Basuki 'Daendels' Hadimuljono.

Terdapat 1.048 formasi yang dibuka dalam CPNS 2019 untuk membantu Menteri Basuki dalam bekerja.

 Baca Juga: 7 Instansi Belum Umumkan Formasi CPNS, Kemenpan RB: Harus Selesai 2 Hari

Pasalnya, Kementerian PUPR membuka beberapa jabatan untuk diisi dalam perekrutan CPNS kali ini. Nantinya, kamu akan ditempatkan di beberapa tempat Kementerian PUPR seperti Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Jenderal Cipta Karya, hingga Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan.

Namun, kamu juga perlu menyesuaikan persyaratan dari jabatan yang akan Kamu lamar. Sebab, tidak semua jabatan bisa Kamu lamar dengan bebas karena semuanya memiliki persyaratan masing-masing.

 Baca Juga: Seleksi CPNS 2019, Bagaimana Lowongan Dosen Usai Dikti Dilebur ke Kemendikbud?

Dilansir dari keterangan yang disiarkan oleh Kementerian PUPR, Selasa (12/11/2019), terdapat 18 jabatan yang tersedia bagi para pelamar CPNS untuk Kementerian PUPR. Lalu, formasi-formasi yang lolos ini akan dibagi ke belasan tempat yang berbeda.

 Infografis CPNS 2019

Untuk melihat seluruh jabatan, lokasi penempatan, beserta kualifikasinya berikut hasil rangkumannya.

 

1. Teknik Pengairan Ahli Pertama

Untuk jabatan ini, tersedia 140 formasi yang akan diterima. Adapun para pelamar harus memiliki kualifikasi pendidikan D4 Teknik Sipil, D4 Teknik Pengairan, D4 Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Pengairan, S1 Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air, S2 Teknik Sipil, S2 Teknik Hidroinformatika, S2 Pengelolaan Sumber Daya Air. Nantinya, jabatan ini akan dikirim ke Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

2. Teknik Jalan dan Jembatan Ahli Pertama

 

Jabatan ini menerima lulusan D4/S1/S2 Teknik Sipil, D4/S1 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, D4/S1 Teknik Geologi. Sebanyak 110 formasi akan diterima untuk ditempatkan di Direktorat Jenderal Bina Marga.

 

3. Teknik Penyehatan Lingkungan Ahli Pertama

 

Lulusan D4/S1/S2 Teknik Lingkungan dan S2 Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi diperbolehkan untuk melamar di jabatan ini. Akan ada 50 formasi yang diterima untuk ditempatkan di Direktorat Jenderal Cipta Karya.

 

4. Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Pertama

Bagi Kamu yang merupakan lulusan D4/S1/S2 Teknik Sipil, D4 Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung, D4 Teknik Konstruksi Gedung, D4/S1/S2 Teknik Arsitektur silahkan melamar posisi ini. 140 formasi diterima dalam jabatan ini untuk ditempatkan di Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dan Direktorat Jenderal Cipta Karya.

 

5. Peneliti Ahli Pertama

 

Jabatan ini menerima lulusan D4/S1 Teknik Arsitektur, D4/S1 Teknik Sipil, D4/S1 Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air, D4 Teknik Konstruksi Gedung, D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, D4 Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung. Hanya 10 formasi saja yang diterima untuk ditempatkan di Badan Litbang.

6. Perencana Ahli Pertama

Lulusan D4/S1/S2 Perencanaan Wilayah, D4/S1/S2 Perencanaan Wilayah dan Kota, D4/S1/S2 Planogi, dan S2 Rancang Kota dibutuhkan untuk mengisi jabatan ini. Pasalnya, terdapat 20 formasi yang akan diterima untuk ditempatkan di Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah.

 

7. Analis Kebijakan Ahli Pertama

Jabatan ini menerima Kamu yang merupakan lulusan D4/S1 Administrasi Publik, D4/S1 Administrasi Negara, S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, S2 Ekonomi Pembangunan, S2 Ilmu Ekonomi dan Studi, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Ekonomi, S2 Manajemen Bisnis, S2 Manajemen Investasi, S2 Manajemen Keuangan. Ada 58 formasi yang akan diterima untuk ditempatkan di Sekretariat Jenderal dan Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan.

8. Analis Kepegawaian Ahli Pertama

Ada 10 formasi yang tersedia dalam jabatan ini untuk ditempatkan di Sekretariat Jenderal. Untuk itu, Kamu harus menjadi lulusan D4/S1 Administrasi Publik, D4/S1 Administrasi Negara, S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, dan S1 Manajemen.

 

9. Auditor Ahli Pertama

Hanya lulusan D4/S1 Akuntansi yang diterima di jabatan ini. Untuk ditempatkan di Inspektorat Jenderal, jabatan ini hanya menerima 10 formasi saja.

10. Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Ahli Pertama

Kamu harus menjadi lulusan D4/S1/S2 Ilmu Hukum, D4/S1/S2 Manajemen, D4/S1/S2 Administrasi Publik, D4/S1/S2 Administrasi Negara, D4/S1/S2 Ekonomi Pembangunan, D4/S1/S2 Teknik Sipil, D4/S1/S2 Teknik Arsitektur, D4/S1/S2 Teknik Lingkungan, S1/S2 Manajemen dan Kebijakan Publik. Ada 170 formasi yang diterima untuk ditempatkan di Direktorat Jenderal Bina Konstruksi.

11. Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama

Ditempatkan di Sekretariat Jenderal, jabatan ini membutuhkan 5 formasi saja. Kamu harus menjadi lulusan D4/S1 Hubungan Masyarakat, D4/S1 Jurnalistik, D4/S1 Manajemen Komunikasi, D4/S1 Desain Komunikasi Visual, D4/S1 Desain Grafis untuk melamar jabatan ini.

12. Pranata Komputer Ahli Pertama

Jika Kamu merupakan lulusan D4/S1 Teknik Informatika, D4/S1 Ilmu Komputer, D4/S1 Sistem Informasi, D4/S1 Sistem dan Teknologi Informasi, D4/S1 Rekayasa Perangkat Lunak, silahkan lamar di jabatan ini. Jabatan ini membuka 8 formasi untuk ditempatkan di Sekretariat Jenderal.

 

13. Pustakawan Ahli Pertama

Hanya menerima 2 formasi saja, jabatan ini membutuhkan lulusan D4/S1 Perpustakaan, S1 Ilmu perpustakaan, dan S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Nantinya Kamu akan ditempatkan di Sekretariat Jendral.

 

14. Teknik Jalan dan Jembatan Terampil

Berbekal D3 Teknik Sipil atau D3 Konstruksi Sipil, Kamu bisa melamar ke jabatan ini. Mereka membuka 70 formasi untuk ditempatkan di Direktorat Jenderal Bina Marga.

 

15. Teknik Pengairan Terampil

Jabatan ini membuka 55 formasi untuk ditempatkan di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Jika Kamu merupakan lulusan D3 Teknik Pengairan, D3 Teknik Sipil, atau D3 Konstruksi Sipil, silahkan coba daftar.

 

16. Teknik Penyehatan Lingkungan Terampil

Lulusan D3 Teknik Lingkungan dan D3 Teknik Sipil diterima di jabatan ini. Ada 50 formasi yang tersedia untuk ditempatkan di Direktorat Jenderal Cipta Karya.

 

17. Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Terampil

Menerima 70 formasi, jabatan ini akan menempatkan Kamu di Direktorat Jenderal Cipta Karya. Kamu harus menjadi lulusan D3 Teknik Sipil, D3 Arsitektur, D3 Konstruksi Gedung, D3 Bangunan Gedung untuk melamar jabatan ini.

 

18. Arsiparis Terampil

Bertempat di Sekretariat Jenderal, jabatan ini membuka 70 formasi hanya untuk lulusan D3, seperti D3 Kearsipan, D3 Kesekretariatan, D3 Manajemen Perkantoran, D3 Perkantoran, D3 Administrasi Perkantoran.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini