Plastik Bakal Dikenakan Cukai, Mulai Kapan?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 14 20 2129714 kapan-plastik-dikenakan-cukai-eC9rh4Br16.jpg Ilustrasi Kantong Plastik. (Foto: Okezone.com/Reuters)

LABUAN BAJO - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berharap kebijakan penerapan cukai plastik bisa diterapkan setelah sebelumnya belum mendapatkan restu dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal ini sebagai wujud pengendalian plastik.

Lalu kapan cukai plastik ini bisa diterapkan?

Menurut Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi, saat ini keputusan penerapan cukai plastik masih terus dibahas dan menunggu persetujuan Komisi XI DPR.

Baca Juga: Sri Mulyani Minta Komisi XI Percepat Pembahasan Cukai Plastik

"Soal cukai plastik khususnya kantong plastik (kresek) masih nunggu Komisi XI," kata Heru di Labuan Bajo, Kamis (14/11/2019).

Cukai Kantong Plastik

Bea Cukai mengharapkan pembahasan ini terus dilakukan dan dapat disetujui karena penerapan cukai plastik ini juga sangat penting untuk barang-barang yang dapat dikenakan cukai seperti rokok.

Baca Juga: Kurangi Plastik, Ini Manfaat Kantong Belanja Ramah Lingkungan

"Untuk barang lainnya yang akan diperluaskan dikenakan cukai, seperti produk-produk yang menghasilkan emisi CO2, produk yang menyebabkan obesitas, diabetes. Kami masih berbicara dengan banyak pihak," katanya.

Menurut Heru, negara lain sudah menerapkan cukai atas produk tersebut.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini