Plastik Dilarang, Ini Pilihan Kemasan Lain yang Bisa Dipakai Pedagang

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 320 2248955 plastik-dilarang-ini-pilihan-kemasan-lain-yang-bisa-dipakai-pedagang-9F2y0Cxs0O.jpg Kantong Plastik (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Para pedagang khususnya penjual makanan merasa galau karena larangan plastik yang diterapkan pemerintah. Sebab, kemasan produk cemilan biasanya menggunakan plastik.

Tapi ternyata selain plastik, masih banyak yang bisa dijadikan kemasan untuk produk cemilan. Bahan kemasan yang digunakan seperti aluminium foil, composite can dan kotak box.

Baca Juga: Fakta Larangan Kantong Plastik di DKI Jakarta, Ancaman Denda Rp25 Juta

Melansir buku 30 Resep & Peluang Usaha Snack Kering Dalam Kemasan Karya Kursus Wirausaha, Jakarta, Senin (20/7/2020), berikut beberapa jenis kemasan yang bisa dipakai untuk usaha camilan selain plastik:

1. Alumunium Foil

Keunggulan dari kemasan ini adalah lebih kuat dibandingkan dengan kemasan lain. Pasalnya, dengan kemasan ini snack tidak mudah rusak. Saat ini sudah banyak jenis standing pouch yang beredar dan berkembang memiliki keunggulan agar snack bisa berdiri dengan tetap cantik.

Baca Juga: Restoran Siap Saji Tidak Siapkan Kantong Plastik tapi...

2. Composite can

Jenis ini merupakan perpaduan antara bahan kardus dan alumunium foil sehingga dapat menjaga makanan dari udara, kotoran dan air. Bentuk yang kuat pada dindingnya ini menjadikan tameng agar snack tidak mudah remuk dan aman dari benturan.

3. Kotak box

Kotak ini bisa dipergunakan untuk menjadi pembungkus luar dari snack atau camilan agar terlihat menarik dan aman. Penggunaan jenis di atas lebih disarankan ketimbang penggunaan berbahan plastik. Dan jangan lupa Jangan lupa cantumkan merk dan cap snack sebagai identitas.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini